Berita Bekasi Nomor Satu

Target Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

PARTISIPASI: Sejumlah ASN Pemkot Bekasi ketika mengikuti kegiatan donor darah di Gedung Balai Patriot Kota Bekasi, Selasa (21/12). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi berhasil mengumpulkan 100 kantong darah dari kegiatan donor darah di Gedung Balai Patriot, komplek Kantor Wali Kota Bekasi, Selasa (21/12).

Bendahara PMI yang juga panitia Donor Darah, Rika Susana, mengatakan, kegiatan donor darah massal untuk ASN maupun non-ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Acara ini rutin kami gelar dan kali ini, kami ingin mencapai target sebanyak 100 kantong darah. Kalau bisa kami ingin mencapai target lebih dari 100 kantong darah, karena pada pelaksanaan tiga bulan yang lalu tepatnya pada September, kami berhasil mengumpulkan sekitar 99 kantong darah dari 120 peserta,”jelasnya.

Rika menambahkan, kegiatan kemarin pihaknya menggunakan unit mobil untuk melakukan donor darah di Pemkot Bekasi. Gelaran donor darah berlanjut hingga Rabu (22/12) dan terbuka juga untuk umum.

”Apabila ada masyarakat yang ingin melakukan donor darah, namun tidak sempat atau berhalangan hadir ke Balai Patriot, kami telah menyediakan unit motor donor, atau datang langsung ke kantor PMI Kota Bekasi di Jalan Pramuka nomor satu,”jelasnya.

Lanjutnya calon pendonor harus memenuhi persyaratan sebelum mendonorkan darahnya mulai dari kondisi fisik hingga usia.

“Ada sejumlah persyaratan khusus ketika ingin melakukan donor darah, antara lain, usia antara 17 – 60 tahun, berat badan minimal 47 kilogram, tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu selama 3 hari sebelum mendonorkan darah, sehat jasmani, tidak makan selama tiga jam sebelum donor darah, tidak sedang hamil, dan tidak memiliki riwayat penyakit bawaan,” pungkasnya. (one/hms)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin