XL Axiata Business Solutions Siap Dukung Percepatan Digitalisasi untuk Kota Cerdas dan Pedesaan Terhubung

Teknisi XL Axiata memasang perangkat “Huawei RuralStar Pro” untuk uji coba di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, belum lama ini. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui XL Axiata Business Solutions, siap sepenuhnya mendukung upaya digitalisasi guna mempercepat implementasi program-program smart city dan konektivitas wilayah pedesaan. Kesiapan tersebut mencakup sumber daya, teknologi, hingga pengalaman dalam implementasi pelaksanaan program sejenis di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan saat ini, XL Axiata juga tengah membantu Jakarta Smart City dalam penerapan solusi Internet of Things (IoT) guna menangani persoalan banjir.

Chief Enterprise and SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, ketahanan ekonomi nasional akan terwujud antara lain melalui digitalisasi guna menciptakan kota cerdas dan kawasan pedesaan yang terhubung. Dengan demikian, digitalisasi yang saat ini semakin masif di dunia usaha dan pemerintahan akan bisa memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat luas.


“Untuk mewujudkan kota cerdas dan pedesaan yang terhubung, diperlukan layanan ICT yang terintegrasi sebagai komponen utama pembentuknya. Dengan keahlian, sumberdaya, dan pengalaman yang ada, XL Axiata Business Solutions siap sepenuhnya mendukung akselerasi transformasi digital Indonesta,” ujar Feby dalam keterangan resminya, Minggu (10/4/202).

Menurut Feby, perluasan implementasi ICT dan digitalisasi, setidaknya mencakup tiga hal. Pertama, ketahanan ekonomi yang memungkinkan terdistribusinya ekosistem digital secara kokoh dan merata untuk penguatan ekonomi nasional. Kedua, pembangunan infrastruktur berupa pengembangan jaringan secara luas untuk menciptakan masyarakat yang lebih cerdas dan lebih berdaya. Ketiga, stimulasi kewirausahaan, yaitu dengan menjaring inovasi dan keterlibatan pegiat usaha lokal di tingkat UMKM.


Feby menambahkan, berbekal kelengkapan infrastruktur penunjang, teknologi, sumberdaya manusia dan teknis, hingga pengalaman menyediakan layanan ICT ke ribuan institusi bisnis dan pemerintahan, XL Axiata Business Solutions siap memberikan dukungan layanan ICT untuk mewujudkan program smart city dan pedesaan terhubung. Saat ini, XL Axiata Business Solutions menjadi mitra penyediaan layanan ICT bagi lebih dari 3.000 pelanggan korporasi dan UMKM yang bergerak di lebih dari 300 jenis industri, termasuk instansi pemerintah dan penyedia layanan publik.

Sumberdaya infrastruktur yang dimiliki XL Axiata Business Solutions antara lain berupa data center di lokasi-lokasi strategis di dalam negeri dengan sistem perlindungan keamanan data. Selain data center di area Jabodetabek, saat ini XL Axiata juga memiliki data center di Pekanbaru, Bandung, dan Surabaya. Semua data center tersebut telah mengantongi sejumlah sertifikasi untuk keamanan data, serta kelayakan teknis guna mendukung ekosistem digital, serta dukungan jaringan yang andal.

Pada infrastruktur jaringan, XL Axiata Business Solutions ditopang oleh jaringan XL Axiata yang terus diperkuat, termasuk melalui ekspansi akses transmisi serat optik guna menopang peningkatan penggunaan big data. Implementasinya diwujudkan melalui peningkatan jaringan backbone antarkota meliputi hampir semua pulau utama Indonesia. Telah dilakukan penambahan Panjang backbone dan kemitraan strategis untuk pembangunan serat optik bawah laut. Selain itu juga telah dilakukan peningkatan kapasitas dan perlindungan jaringan backbone dan internet upstream.

Masih terkait infrastruktur, XL Axiata juga telah membangun jaringan antar data center dan kawasan industri. Insfrastruktur ini bersifat multipath dan ring. Selain itu, XL Axiata juga bermitra dengan Google dan Facebook dalam proyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) antarbenua. Jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan Indonesia, Singapura, dan Amerika Utara ini berkemampuan multi-link.

Dukung penanganan banjir dan solusi smart city dengan teknologi IoT

Dari sisi pengalaman, XL Axiata Business Solutions telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing. Saat ini, XL Axiata Business Solutions sedang mendukung implementasi teknologi digital di salah satu kota besar di Indonesia guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City.

Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan “IoT Flood Monitoring” guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir. Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smart city dashboard, serta big data dan analitik.

XL Axiata Business Solutions juga telah membantu salah satu kota di Sumatra dalam merintis program smart city. Di kota ini, telah berhasil diterapkan teknologi IoT dalam penerapan smart light untuk penerangan jalan umum.

Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya. Selain itu, telah diterapkan juga solusi “IoT Thermal Imaging” untuk mengukur suhu tubuh guna yang ditempatkan di perkantoran. Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya. (oke)