Dukung Event di Solo, XL Axiata Terus Tingkatkan Kualitas Jaringan

Teknisi melakukan pemeliharaan rutin di atas menara BTS milik XL Axiata yang berlokasi di dekat Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (15/7/2022). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen menjaga kualitas jaringan 4G di Kota Solo seiring dengan banyaknya event berskala nasional dan internasional hadir di kota ini sepanjang 2022 hingga tahun depan. Langkah XL Axiata ini selain memastikan layanan kepada pelanggan tetap maksimal, juga sebagai dukungan kepada pemerintah daerah setempat yang telah berupaya keras mengangkat citra positif Solo sekaligus menggerakkan roda perekonomian lokal, melalui penyelenggaraan berbagai ajang nasional dan internasional. Salah satu event yang terdekat adalah ASEAN Para Games (APG) 2022, 31 Juli – 6 Agustus 2022 mendatang. Dukungan ini selaras dengan upaya XL Axiata untuk mewujudkan visi menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia, termasuk dalam menyediakan layanan-layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat. “XL Axiata Ada untuk Indonesia”.

“Pasca pandemi ini, kita bisa lihat bahwa Solo menjadi kota yang sangat dinamis. Berbagai event nasional dan internasional telah dan akan terus digelar di kota yang juga dikenal sebagai pusat seni dan budaya tersebut. Kami di XL Axiata pun ikut bersemangat untuk memastikan ketersediaan jaringan data yang mumpuni di seluruh area Solo dan sekitarnya. Ini adalah cara kami dalam memberikan dukungan. Bagaimana pun juga, event yang sudah bagus, perlu didukung pula dengan ketersediaan jaringan internet dan telekomunikasi yang juga bagus,” ujar Group Head Central Region XL Axiata Bambang Parikesit, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/7/2022).


Bambang menambahkan, event-event besar yang digelar berpotensi mengundang pengunjung dari luar Solo. Selain keramaian di lokasi event, juga akan bisa menaikkan trafik penggunaan berbagai layanan data di seluruh penjuru kota, mengingat penyelenggaraan setiap event juga ditargetkan untuk meningkatkan kunjungan wisata. Selain itu, peningkatan aktivitas juga akan terjadi di bandar udara, stasiun, terminal, jalan tol, pusat perbelanjaan, serta kawasan wisata.

Selain APG 2022, beberapa event internasional lainnya yang juga digelar di Solo antara lain Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 pada 4-5 Juli yang lalu, konser musik Dream Theater pada 10 Agustus, Solo International Performing Arts (SIPA) 8-10 September, serta Piala Dunia U-20 pada tahun depan.


Khusus untuk mendukung hajatan APG, jaringan internet cepat dari XL Axiata tersedia di seluruh lokasi pertandingan. Total 22 Base Transceiver Station (BTS) 4G telah menopang 14 area yang menjadi lokasi pertandingan seluruh cabor APG 2022. Sebagian besar lokasinya berada di Kota Solo yaitu Stadion Manahan Solo, Edutorium UMS Solo, GOR FKOR UNS Solo, GOR Sritex Arena, GOR UNS Solo, Hotel Solo Paragon, Lapangan Kota Barat Solo, Stadion UNS Solo, Lapangan Tenis Manahan Solo, Tirtonadi Convention Hall, dan Solo Techno Park. Selain area yang berada di Kota Solo, perusahaan pun memastikan layanan terbaik dari XL Axiata akan turut hadir di lokasi lain seperti GOR UTP Karanganyar, Lorin Solo Hotel Karanganyar, dan GOR Jatidiri, Semarang.

Saat ini, jaringan 4G khusus di Kota Solo ditopang oleh sekitar 80 BTS 4G, dan melayani sebagian besar kelurahan yang tersebar di total 5 kecamatan. Tercatat, per kuartal pertama 2022, XL Axiata memiliki lebih dari 102.000 pelanggan di Kota Bengawan ini dan terus bertumbuh secara dinamis.

Untuk menjaga kualitas jaringan di kawasan tersebut, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya seperti ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency di sepanjang jalur yang menghubungkan kawasan ini. Fiberisasi ke beberapa jaringan pun terus digenjot agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil.

Peningkatan kualitas jaringan di Solo Raya

Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data di Solo Raya meningkat hingga 19 persen. Untuk itu, upgrade kapasitas 4G terus dilakukan, antara lain berkonsentrasi di area padat dan pusat keramaian, dengan penambahan lebih dari 80 BTS 4G dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Seluruh BTS tersebut tersebar di tujuh kota/kabupaten kawasan ini dengan penambahan terbesar berada di Sragen yaitu 20 BTS. Di seluruh Solo Raya yang mencakup tujuh kota/kabupaten (Solo, Boyolali, Karanganyar, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, dan Sragen), terdapat lebih dari 670 BTS 4G.

Jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau total 127 kecamatan di ketujuh kota/kabupaten. Lebih jauh, XL Axiata akan terus melakukan penguatan hingga seluruh kecamatan dan desa terlayani jaringan 4G, mengingat digitalisasi juga terus meluas di semua area pedesaan. (oke)