Kolaborasi Telkom dengan Bank Sumut, Perkuat Ekosistem Digital Sektor Pertanian Sumatera Utara

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut Irwan (ketiga dari kiri) dan Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta (keempat dari kanan) berfoto bersama usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Platform Agree Telkom-Bank Sumut yang disaksikan oleh Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan (keempat dari kiri) di Telkom Landmark Tower Jakarta (19/8).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi jalin kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara (Bank Sumut) untuk memberikan solusi layanan digital bagi sektor pertanian melalui Agree. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta dan Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan pada pekan lalu.

Adapun ruang lingkup kerja sama penyediaan platform Agree untuk Bank Sumut adalah mencakup piloting implementasi pemanfaatan layanan platform Agree, penyediaan panduan, dan pelaksanaan operasional serta perawatan platform. Kolaborasi Telkom dengan Bank Sumut melalui Agree diharapkan dapat menciptakan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam menunjang bisnis serta mendukung untuk pengembangan ekosistem agrikultur ke depannya.


EVP Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta pada kesempatannya menyampaikan bahwa, “Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini antara Telkom dengan Bank Sumut. Dengan kapabilitas yang dimiliki, kami siap berkolaborasi untuk mendukung pengembangan ekosistem bagi UMKM yakni dengan mengintegrasikan ekosistem pasar, ekosistem desa, dan ekosistem digital,” ujar Nanta.

Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan pada sambutannya juga menyampaikan bahwa kerja sama pemanfaatan layanan digital Agree yang dilakukan sejalan dengan komitmen Bank Sumut untuk mendorong perekonomian Sumatera Utara termasuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan petani melalui pembiayaan KUR. “Dengan pemanfaatan teknologi melalui aplikasi untuk pembiayaan KUR diharapkan juga dapat menumbuhkan kalangan petani millenial, meningkatkan akses literasi, dan inklusi keuangan serta meningkatkan daya saing produk pertanian Sumatra Utara,” ungkap Rahmat.


Melalui layanan Agree, Telkom berkomitmen menciptakan ekosistem pertanian digital yang terhubung dari hulu, proses produksi, sampai ke hilir pertanian dengan berkolaborasi bersama seluruh stakeholder di pertanian. “Kedepannya, tren digitalisasi akan mampu meningkatkan customer experience nasabah dan TelkomGroup siap mendukung upaya Bank Sumut melalui digitalisasi, meningkatkan kerja sama antara Telkom dan Bank Sumut yang saling menguntungkan dalam menunjang bisnis kedua belah pihak serta mendukung untuk pengembangan bisnis lainnya,” tutup Nanta.

Agree merupakan bagian dari Leap, yakni umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia yang mengintegrasi tiga fitur utama, yakni Agree Partner, Agree Modal, dan Agree Market. Bersama Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

#DigitalBisa

#UntukIndonesiaLebihBaik