Berita Bekasi Nomor Satu

Capai 42 Siswa Per Rombel

ILUSTRASI: Masyarakat menyerahkan berkas pendaftaran di SMPN 29 Kota Bekasi. ISTIMEWA
ILUSTRASI: Masyarakat menyerahkan berkas pendaftaran di SMPN 29 Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jumlah peserta didik baru jenjang SMP di Kota Bekasi mencapai 40-42 siswa per rombongan belajar (rombel). Padahal, batas maksimalnya 32 siswa per rombel berdasarkan petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring tahun ajaran 2021/2022.

Meskipun demikian, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Krisman Irwandi mengatakan, jumlah peserta didik baru tidak dibatasi maksimal 32 siswa per rombel. Hal itu mengacu Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 44 Tahun 2020 .

“Berdasarkan Peraturan Nomor 44 tentang wajib belajar, dilakukan hasil penelusuran maka jumlah siswa tidak lagi 32 siswa per kelas,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (26/7).

Pada PPDB tahun ini, kuota SMP sebanyak 13.472 siswa mampu terpenuhi. Lebih lanjut, Krisman yang juga sebagai Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 menegaskan, bahwa di tengah pandemi ini menjadi tugas Disdik Kota Bekasi untuk memastikan anak tetap bersekolah.

“Wajib belajar selama 12 tahun merupakan tanggung jawab bersama, dalam hal ini pemerintah. Makanya kita buat penelusuran, yang nantinya akan dibuatkan ketetapan regulasinya oleh Pemerintah Kota Bekasi,” katanya.

Oleh karena itu, Krisman tak mempersoalkan jumlah peserta didik baru mencapai 40-42 siswa per rombel. “Gapapa kan melihat kebutuhan masyarakat untuk anaknya bersekolah,” katanya.

Kepala SMPN 1 Kota Bekasi Muktia Wahyudi Isra mengatakan, tahun ini pihaknya membuka 9 rombel dengan kapasitas peserta didik baru sebanyak 40 siswa per kelas.

“Tahun ini kita menerima 40 siswa per kelas,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala SMPN 29 Kota Bekasi Bidang Humas Nining mengatakan, tahun ini setiap kelas diisi oleh 42 peserta didik baru.

“Kalo juknis 32 ya, tapi pas terakhir kami menerima limpahan hampir 80 siswa sendiri,” pungkasnya. (dew)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin