Metropolis

LKNU Siapkan Posko Konsultasi Covid-19

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi menyediakan posko konsultasi untuk Corona Virus Disease (Covid-19) melalui Layanan Kesehatan NU (LKNU).

Penerapan program tersebut berlangsung di Gedung NU Center, Kelurahan Sepanjangjaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Sekretaris PCNU Kota Bekasi, Ayi Nurdin mengatakan, LKNU merupakan salah satu sayap di bawah pengurus cabang NU yang konsen di bidang kesehatan, diangkat oleh pengurus PCNU dan masa khidmatnya pun sama dengan PCNU.

Untuk menangani Covid 19 diakuinya semua perlu terlibat, karena merupakan virus baru dan sudah menjadi pandemi. Karena Covid-19 penularan cepat, maka NU juga terpanggil untuk membantu masyarakat melalui LKNU.

”Untuk peduli Covid 19, kita buka layanan kesehatan NU untuk umum,” ungkapnya.

Sementara, Ketua LKNU Kota Bekasi, Wildan Fathurrahman mengaku, terkait Posko NU Peduli Covid-19, sebenarnya wacana ini sudah didiskusikan dengan sekretaris PCNU sepekan yang lalu.

“Namun, realisasi baru akan kita mulai, dan Insya Allah akan diresmikan secara simbolis dalam waktu dekat hadirnya Posko NU Peduli Covid-19 ditengah masyarakat,” katanya.

“Kita baru akan meresmikan posko utama, namun bila memungkinkan akan kita buat posko tingkat kecamatan dan kelurahan,” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan, untuk sementara mengawal pemahaman masyarakat terkait wabah Corona agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang valid.

“Yang terlalu berlebihan akan kita arahkan agar lebih tepat menyikapinya, dan yang terlampau santai juga agar tetap waspada,” terangnya.

Pihaknya tekankan kepada masyarakat, ketika seseorang ada yang merasa ada gejala-gejala tersebut agar tidak ada kepanikan dan memahami tentang Covid-19.

“Memang semua orang beresiko terkena virus Corona, namun yang paling beresiko adalah lansia yang biasanya usia diatas 60 tahun, dan orang yang punya riwayat penyakit sebelumnya seperti jantung, ginjal, kanker, TB Paru dan sebagainya sangat rentan,” ucapnya

Sarannya, bagi yang mempunyai stamina kuat tidak panik, kenali tanda gejalanya, dan ikuti arahan pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di luar dengan melakukan karantina mandiri di rumah.

“Warga yang curiga dengan penyakit yang dialaminya bisa datang untuk konsultasi, terkait virus Corona,” imbuhnya.

Pada saat konsultasi, jika memang hasil wawancara dengan masyarakat masuk kategori sedang apalagi berat, maka pihaknya akan mengarahkan segera diperiksa ke layanan kesehatan terdekat.

Struktur organisasi yang bertugas di LKNU, kebanyakan memang praktisi medis, seperti dokter, perawat Ns, dan bidan. Pihaknya mempunyai tiga dokter umum yang siap membantu konsultasi.

“Melalui LKNU, NU mengambil peran dalam rangka penanganan wabah virus Corona di Kota Bekasi,” pungkasnya. (pay)

Related Articles

Back to top button