Berita Bekasi Nomor Satu

PPDB Daring Masih Bermasalah

PPDB
ILUSTRASI: Sejumlah panitia PPDB Daring SMAN 7 Kota Bekasi berada di ruangan sarana informasi. PPDB Daring masih ditemukan sejumlah masalah pada pendaftaran hari kedua, Selasa (9/6).Dewi Wardah Radar Bekasi
PPDB
ILUSTRASI: Sejumlah panitia PPDB Daring SMAN 7 Kota Bekasi berada di ruangan sarana informasi. PPDB Daring masih ditemukan sejumlah masalah pada pendaftaran hari kedua, Selasa (9/6).Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring (Online) jenjang SMA/SMK/SLB masih ditemukan sejumlah masalah pada pendaftaran hari kedua, Selasa (9/6). Permasalahan yang terjadi kemarin hampir sama dari sebelumnya.

Pendaftar di sejumlah sekolah di Kota Bekasi terkendala akses website ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Ines misalnya, calon siswa baru di SMAN 7 Kota Bekasi mengaku sejak pagi hingga siang tak bisa akses laman resmi itu untuk verifikasi data.

“Belum bisa masuk ke web PPDB untuk melakukan verifikasi. Udah saya coba dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, belum juga bisa masuk,” ungkapnya di SMAN 7 Kota Bekasi.

Oleh sebab itu, dia bersama orang tuanya mendatangi sekolah tujuan untuk meminta bantuan. “Makanya saya datang ke sekolah untuk menanyakan kendala ini,” imbuhnya.
Ines dan orang tuanya mengaku sempat panik ketika website PPDB tak bisa diakses. Di sekolah yang didatangi, dirinya mendapatkan penjelasan dari operator.
“Tadi udah ke bagian operator, katanya ada kesalahan dalam upload dokumen. Makanya akun aku gak bisa login ke web PPDB,” tuturnya.

Salah satu operator PPDB SMAN 7 Kota Bekasi Doni Kurniawan menjelaskan, terjadinya kesalahan dalam upload dokumen bisa menghambat proses verifikasi data ke sekolah tujuan.

Menurutnya, sistem PPDB masih dalam proses perbaikan setelah error, Senin (8/6). Ia mengaku, kendala masih dialami oleh sejumlah calon murid baru pada pendaftaran hari kedua.

“Kendalanya berbeda-beda. Ada yang sudah login tiba-tiba keluar sendiri, lalu tidak bisa masuk lagi. Ada juga yang upload datanya salah, atau tidak lengkap. Ada juga calon peserta didik baru yang masih belum bisa masuk ke web PPDB,” terangnya.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bekasi Ekowati mengatakan, kesalahan dalam upload dokumen masih bisa dilakukan perbaikan sampai 12 Juli 2020.
“Kalo ada kesalahan dalam upload dokumen masih bisa diperbaiki sehingga proses verifikasi bisa dilakukan,” kata perempuan yang menjabat sebagai Kepala SMAN 2 Kota Bekasi ini.

Ekowati mengatakan, website PPDB masih dilakukan pemulihan secara berkala. Oleh karena itu, pihaknya meminta pendaftar yang mengalami kendala akses website agar tidak panik.

“Pendaftar yang belum bisa masuk jangan panik karena pemulihan akun masih dilakukan oleh Disdik Provinsi Jabar,” tukasnya.

Sementara di Kabupaten Bekasi, Pusat Bantuan PPDB SMA/SMK/SLB Kabupaten Bekasi menemukan sejumlah masalah pada pendaftaran hari kedua.

“Saya lihat di poin perlombaan, persyaratan harusnya bentuk pdf sertifikat. Tapi ini, yang muncul malah hasil rapor. Ada juga kasus lainnya yang serupa seperti ini. tidak banyak, hanya belasan siswa. Tapi kita belum menemukan solusinya,” ujar Koordinator Pusat Bantuan PPDB Daring SMA/SMK/SLB Kabupaten Bekasi Yusep Saeful Rohman. Sampai dengan saat ini, pihaknya masih berusaha menyelesaikan masalah tersebut. (dew/dan)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin