Berita Bekasi Nomor Satu

Anggaran Agenda Olahraga Digeser ke 2021

Illustrasi Anggaran
Illustrasi Anggaran

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kepala Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, memastikan pemerintah daerah untuk memfasilitasi atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) Papua melalui mekanisme pergeseran Anggaran Pembelanjaan Pendapatan Daerah (APBD).

“Keputusan tersebut menyusul adanya Covid -19, termasuk pengunduran jadwal pelaksanaan PON untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), juga bagi Peparnas, NPCI ke tahun 2021 mendatang,” tuturnya saat ditemui Radar Bekasi usai rapat pembahasan pergeseran anggaran di Komplek Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (17/6).

Lata dia, pergeseran anggaran menjadi salah satu yang realistis. Pengambilan keputusan itupun sudah berdasarkan musyawarah, baik dengan KONI maupun dengan NPCI Kabupaten Bekasi.

“Pergeseran itu akan kami sesuaikan dengan usulan dari KONI, dan kami sudah melakukan pembahasan dengan NPCI. Jadi, tahun 2020 ini fokus hanya ke peralatan dan pembinaan atlet saja. Untuk pembinaan pun, dengan standar kesehatan dan sesuai dengan protokoler kesehatan,” bebernya.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum NPCI Kabupaten Bekasi, Kardi Leo, mengakui akan adanya sejumlah pergeseran program di tahun 2020 ke tahun 2021.

Ia menambahkan, pembahasan ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu, akibat Covid-19, karena berimbas pada tidak berjalan-nya sejumlah agenda NPCI.

“Bagaimanapun, sejumlah program kegiatan olahraga sedang off. Itu berdasarkan keputusan provinsi. Tahun depan, barulah akan difokuskan untuk kegiatan NPCI,” terangnya.

Ditambahkan Kardi, sejumlah program yang akan digeser ke tahun 2021, yaitu pemusatan latihan (pelatda) Peparnas Jawa Barat, Pekan Olahraga NPC Kabupaten Bekasi, Asian Para Games dan Peparnas Papua.

“Jadi, dari pergeseran ini, tahun 2020 tidak ada program yang urgen. Perubahan ini juga sudah melalui adendum, antara Disbudpora mewakili Pemda Kabuoaten (Pemkab) Bekasi, dan NPCI selaku penerima anggaran hibah,” ujarnya.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Bekasi, Reza Lutfi membenarkan jika ada pergeseran anggaran 2020 tersebut. Untuk tahun ini, KONI hanya menjalankan pembinaan atlet juga memaksimalkan fasilitas sarana dan prasarana latihan.

“Tahun 2021 baru ada kegiatan, dari mulai Babak Kualifikasi (BK), pra- Pekan Olahraga Daerah (Porda), PON dan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab),” tnadas Reza. (dan)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin