Berita Bekasi Nomor Satu

Gerai Pelayanan Disdukcapil di SGC Masih Tutup

BELUM DIBUKA: Seorang warga melintasi gerai cepat Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang masih tutup di Sentra Grosir Cikarang, Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI
BELUM DIBUKA: Seorang warga melintasi gerai cepat Disdukcapil Kabupaten Bekasi yang masih tutup di Sentra Grosir Cikarang, Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Gerai pelayanan Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi di Sentra Grosir Cikarang masih tutup pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Belum dibukanya pelayanan guna antisipasi kerumunan massa, mengingat wabah Covid-19 masih merebak di wilayah setempat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengakui jika gerai pelayanan yang ada di SGC belum dibuka untuk umum, karena khawatir adanya kerumunan massa.

“Memang kami belum membuka pelayanan secara langsung, karena dikhawatirkan terjadi pengumpulan massa yang banyak. Dan di sana tidak ada yang bertugas di luar untuk mengatur masyarakat yang hendak mengurus data kependudukan. Kalau kondisi-nya sudah kembali normal, kami baru berani untuk buka,” terangnya saat dihubungi Radar Bekasi, Kamis (18/6).

Kendati demikian, dirinya menegaskan, dalam kondisi seperti sekarang, masyarakat yang mengurus akte kelahiran maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP), bisa melalui aplikasi Whatsap dan daring (online).

“Sebetulnya, meski pelayanan Disdukcapil tidak dibuka di SGC, masyarakat juga bisa mengurus data kependudukan melalui aplikasi Whatsap dan secara online,” beber Hudaya.

Mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi ini mengakui, selama pandemi Covid-19, pelayanan mengalami penurunan, mengingat pihaknya hanya melayani yang mendesak saja. Namun, setelah normal kembali, semua pelayanan akan dibuka. Tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan, dan cara pendaftaran melalui aplikasi Whatsap. Saat datang ke dinas, hanya mengambil dokumen yang sudah selesai. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin