Cikarang

DKM Diminta Bentuk UPZ

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Aziz

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Untuk membantu peningkatan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat miskin di tengah pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat, Infaq dan Sadaqoh (Baznas) Kabupaten Bekasi, mendorong agar seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).

Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Aziz mengatakan, meski di tengah pandemic Covid-19, aktivitas dakwah maupun pengumpulan zakat di Masjid jangan melemah, justru harus meningkat untuk membantu masyarakat miskin, khususnya yang terdampak Covid-19.

Hal itu dilakukan, agar bisa memaksimalkan pengumpulan zakat yang nantinya dapat digunakan untuk membantu peningkatan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat miskin. Pasalnya, kata Aziz, angka kemiskinan terus meningkat selama pandemi ini.

“Angka masyarakat miskin makin banyak seiring dengan terjadinya guncangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini. Makanya kami mendorong supaya DKM membentuk UPZ, agar pengelolaan zakat ditata dan dikelola dengan baik,termasuk pendistribusian-nya,” beber Aziz, Minggu (21/6).

Dalam kesempatan ini, lanjut Aziz, dirinya akan memberikan Surat Keputusan(SK) bagi pengurus DKM yang membentuk UPZ. Selain itu, pihaknya juga akan mendukung kegiatan pelatihan manajemen Masjid yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masjid-Musholla se Cikarang Raya ( Forkammi).

Kededepan-nya, kegiatan pelatihan bisa dilakukan melalui diskusi virtual meski saat ini tengah dalam situasi pandemi. “Kami akan terus mendukung kegiatan yang dilakukan DKM. Termasuk memberikan SK bagi pengurus DKM yang membentuk UPZ,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forkammi, Imam Hambali menambahkan, jaringan anggota Forkammi selalu menerapkan protokol kesehatan, agar tetap kokoh menghadapi pandemi Covid-19 ini. Terutama, saat menjalankan ibadah di tengah pandemi Covid-19. Ia menyakini, apabila semua bisa konsisten, maka diharapkan pandemi segera berakhir.

Lanjut Imam, kegiatan dakwah maupun ibadah bisa berjalan seperti biasa-nya. “Jika tetap konsisten, diharapkan pandemi Covid-19 segera berakhir dan kegiatan dakwah maupun ibadah bisa berjalan seperti biasa. Forkammi berkomitmen mendukung program dakwah dan bersinergi dengan instansi lain-nya, demi mewujudkan ukhuwah islamiyah,” tandas Imam. (pra)

Related Articles

Back to top button