Bekasi

Isolasi Mandiri di Kota Bekasi Capai 782 Pasien

BEKASI, RADARBEKASI.ID-Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bekasi, saat ini masih menunjukan peningkatan jumlah pasien cukup signifikan.

Hingga hari ini Minggu (11/10) Dinas Kesehatan mencatat ada 782 pasien menjalani isolasi mandiri di berbagai lokasi, seperti di GOR Staion Patriot, hotel dan rumah sakit di Kota Bekasi.

“Jadi, per hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 sampai pukul 14.00 wib, total pasien yang menjalankan isolasi mandiri sebanyak 782 orang, yakni di The Green Hotel ada 15 pasien, Stadion 31 pasien, dan 730 pasien lain di seluruh RS Kota Bekasi yang menjadi rujukan,” kata Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Rina Octavia kepada Radar Bekasi melalui pesan singkat WhatsApp, Minggu (11/10).

Rina menegaskan, jumlah tersebut tidak bisa jadi ukuran peningkatan, karena kasus bukan berdasarkan banyak atau tidaknya yang isolasi di GOR atau The Green Hotel atau rumah sakit se- Kota Bekasi. Artinya, kalau ditanya perbandingan jumlah dari hari kemarin dan hari ini, tentu akan sulit karena bisa berubah tiap saat.

Lebih jauh, diakui Rina, pasien yang menjalani isolasi mandiri di setiap lokasi itu juga bakal terus dipantau dan dicek terus kondisi kesehatan. Kemudian, dilakukan swab test yang menentukan waktu si pasien isolasi mandiri dirawat di lokasi tersebut.

“Apabila hasil PCR negatif, maka si pasien ini diperbolehkan pulang dan lanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan dipantau oleh puskesmas setempat. Jadi, kalau sudah negatif artinya penularan sudah tidak ada, sehingga diperbolehkan pulang. Hal ini menghindari dari pasien di sana yang masih positif semua dan bisa mengakibatkan tertular kembali,” tandasnya.

Sebagai informasi, Kota Bekasi saat ini miliki ketersediaan tempat tidur isolasi mandiri untukk digunakan itu sebanyak 1.070 tempat tidur. Terdiri dari, di sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19, baik milik pemerintah atau swasta, lalu RS darurat di Stadion Patriot Chadrabaga, dan The Green Hotel. (mhf)

Related Articles

Back to top button