BekasiBerita UtamaMetropolis

Wacanakan Pemberian Kompensasi

Normalisasi Kali Bekasi Terganjal Pembebasan Lahan

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Proyek multiyears normalisasi Kali Bekasi nampaknya belum bisa berjalan mulus. Selain masih menunggu lelang untuk proses pengerjaan, sejumlah lahan harus dibebaskan.

Dari 11 kilometer yang akan dinormalisasi, sepanjang 5 kilometer tanah di sempadan sungai wilayah Kota Bekasi belum menerima kejelasan, utamanya untuk ganti rugi atau kompensasi.

Pembebasan lahan di sepanjang Kali Bekasi dibebankan kepada Pemkot Bekasi, sementara ini dianggarkan pada tahun 2021.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi membenarkan bahwa pembebasan lahan sepanjang 5 kilometer di sempadan sungai belum dilakukan.

“Ya sekarang kalau untuk kepentingan bersama dan kepentingan generasi 20-50-100 tahun kedepan dalam penataan sungai warga harus bisa memberikan dukungan,” katanya.

Dijelaskannya untuk normalisasi membutuhkan 20 meter lahan di kiri dan kanan bibir sungai. Hal itu untuk memudahkan upaya perawatan ketika ada pendangkalan serta penyedotan lumpur.

“Ini perlu proses panjang, untuk kompensasi nantinya akan dilakukan dengan Kementerian PUPR dan kita tentunya akan membantu,” ujarnya.

Menurutnya, normalisasi Kali Bekasi tetap dilaksanakan tahun 2020, meskipun pemerintah banyak melakukan pemangkasan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.

”Ini prioritas karena untuk penanganan banjir yang terjadi di wilayah sepanjang Kali Bekasi,” tambahnya.

Dia berharap dalam waktu dekat ini akan selesai proses lelang dan proses pekerjaan masuk kategori proyek multiyears atau tahun jamak.

Normalisasi Kali Bekasi dilakukan mulai dari hulu, tepatnya titik pertemuan Sungai Cikeas dan Cileungsi hingga ke Bendung Bekasi di Jalan Mayor Hasibuan, Bekasi Timur.

“Untuk anggaran Sungai Bekasi tidak menggunakan APBD akan tetapi APBN dari Kementerian PUPR,” jelasnya.

Sambil menunggu proses lelang, Pemerintah Kota Bekasi coba memberikan sosialisasi ke masyarakat bantaran Kali Bekasi terkait proyek tersebut.

Ditanya terkait penggusuran rumah warga di bantaran Kali Bekasi, Pemkot Bekasi masih belum bisa memastikan. Karena pihaknya masih menunggu keputusan dari Kementerian PUPR terkait proses normalisasi Kali Bekasi.

“Kita akan tunggu kabar dari PUPR ya kapan akan dilakukan pemberian kompensasi kepada warga yang berada di garis sempadan sungai Kali Bekasi,” tukasnya. (pay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − eight =

Close