CikarangPendidikan

Al Muslim Go Internasional melalui DIGIHUB

Tim Digital Hub Al Muslim bersama Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD, Hindro Surahmat, ATD, M.Si. dan jajarannya.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebuah kesempatan yang langka diperoleh Yayasan Al Muslim ketika dipercaya oleh Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat  (PTDI-STTD) untuk menyelenggarakan Webinar Internasional.

Kesempatan ini tentu tidak datang tanpa sebab.  Al Muslim sudah sering menyelenggarakan berbagai acara webinar serta acara-acara yang bersifat online dengan berbagai format acara.  Di masa pandemi Covid-19 ini semua acara yang berbau online menjadi sebuah kebutuhan di berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan karena keterbatasan untuk pertemuan tatap muka.

Dalam menyelenggarakan sebuah acara webinar tentu banyak persiapan serta berbagai faktor yang menjadi pertimbangan. Antara lain peralatan pendukung yang memadai,  jaringan internet yang kuat,  perencanaan yang matang serta yang paling penting adalah ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni terutama untuk bidang teknologi dan kreativitas.

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan sebagai Keynote Speaker.

Alhamdulillah, berbagai faktor tersebut dimiliki oleh Yayasan Al Muslim sehingga menjadi modal yang bagus dalam menyelenggarakan berbagai acara online.  Mungkin hal ini yang menjadi daya tarik bagi PTDI-STTD untuk menggandeng Yayasan Al Muslim, khususnya  Digihub  didaulat menjadi  event organizer webinar internasional yang mereka laksanakan. Webinar Internasional dilaksanakan pada Selasa 23 Februari 2021 memiliki tema “Benchmarking On The Role Of Transport Regulatory In Managing Public Transport Integration To Other Countries” dengan Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan sebagai Keynote Speaker dan welcome remarks  oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo serta menghadirkan berbagai narasumber.

Antara lain Manager Southeastern Pennsylvania Transportation Authority, USA, Mathew Tharakan; General Manager International Cooperation Team ITS Korea, South Korea, Sue Park; Special Representative for International Affairs MLIT Japan, Yamakoshi Toshihiro; Ministry of Foreign Affairs France, Jean Francois Doulet; Special Advisor to the Chief of Staff for Infrastructure, Energy and Investment, Presidential Staff Office, Indonesia, Bambang Prihartono.

Webinar yang dipandu oleh Moderator Transportation Attache Indonesian Embassy in USA, Hananto Prakoso; dan MC Cadet of PTDI – STTD, Agishna dilaksanakan dengan sangat sukses diikuti oleh ribuan penonton secara live di You Tube channel Land Transport Academy.  Dari pantauan yang masuk acara ini ditonton lebih dari 9.000 viewer serta dari pendaftar yang melakukan absensi 1.800 orang lebih yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Melalui persiapan yang terhitung singkat seluruh kru Digihub bekerja keras menyiapkan acara seminar agar berlangsung dengan sukses. Peralatan yang ada di Digital Studio Al Muslim diboyong ke ruang rapat lantai 2 Gedung STTD untuk dijadikan Mini Studio.

Webinar Internasional dengan tema “Benchmarking On The Role Of Transport Regulatory In Managing Public Transport Integration To Other Countries”.

Alhamdulillah, berkat komunikasi dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak segala persiapan dapat dilakukan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti dalam proses persiapan webinar.  Pelaksanaan webinar berlangsung malam hari menyesuaikan dengan waktu di luar negeri dari para narasumber.  Ketika acara berakhir semua kru dan panitia bersorak kegirangan dengan suksesnya acara webinar ini. Tentu saja ini menjadi sebuah pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme seluruh tim Digihub Al Muslim. Ini bukanlah event yang pertama dan terakhir tapi banyak event lain yang siap dilaksanakan dan dikerjasamakan.

Kegiatan sejenis di tingkat unit sekolah sudah menjadi hal yang biasa bagi tim Digihub. Sudah belasan kali acara yang bersifat  online terutama sejak pandemi Covid-19.  Bermula dari hari kegiatan pembagian rapor online, wisuda online, acara Kangen Sekolah, webinar, Talkshow dan dan event-event online lainnya. Digihub memang dirancang untuk menjadi tempat mengembangkan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif baik oleh internal Yayasan maupun bekerja sama dengan institusi lain di luar yayasan.  Dibuka juga kesempatan untuk bekerjasama menyelenggarakan berbagai event webinar atau event lainnya baik diselenggarakan di Digihub maupun di tempat partner.  Digihub menjadi pusat pengembangan media digital untuk menunjang Digislamic Sistem yang terus dikembangkan oleh Yayasan Al Muslim.  Berbagai konten pembelajaran dikembangkan dan dibuat di tempat ini. Untuk informasi dan kerjasama dapat menghubungi nomor telepon 0838 7500 2000 (WhatsApp) atau email ke humas@almuslim.sch.id.

Mengenal DIGIHUB Al Muslim

 Al Muslim adalah sekolah dengan jenjang pendidikan mulai dari Play Group, TK, SD, SMP, SMA, SMK dan perguruan tinggi AMIK yang sebentar lagi menjadi STMIK telah berpengalaman dan berkecimpung di dunia pendidikan selama empat puluh tahun lebih.

Dalam kiprahnya Al Muslim terus berbenah dan beradaptasi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan dilakukan terus menerus salah satunya dengan terbentuknya Penjaminan Mutu dan Komunikasi (PMK) setingkat Kabid. PMK membawahi para asesor, urusan Sistem Informasi serta Humas dan Kemitraan. Digihub menjadi tanggung jawab Humas dan Kemitraan dalam pengembangan program dan pengelolaannya.

Digihub Al Muslim merupakan fasilitas penunjang kegiatan unit yayasan yang berkaitan dengan dunia digital. Digihub merupakan Digital Class sebagai miniatur kelas-kelas yang ada di Al Muslim sehingga para tamu dapat melihat fasilitas,pembelajaran, kegiatan dan berbagai informasi lainnya hanya melalui ruangan ini. Dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi, fasilitas tablet untuk siswa, proyektor, Smart TV dan tentu saja ruangan yang nyaman. Meja hexagonal dirancang untuk siswa dapat berkolaborasi dengan berbagai bentuk kelompok.

Digihub juga dapat digunakan sebagai training center dengan jumlah terbatas. Pelatihan-pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi dapat dilakukan di sini. Dalam masa pandemi Covid-19, Digihub banyak digunakan sebagai Digital Studio untuk streaming berbagai webinar dan acara sekolah. Dengan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya, Digihub terus mencoba berkontribusi dalam pengembangan Yayasan Al Muslim khususnya bidang digital. Peralatan dan fasilitas terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan. Berbagai upaya kolaborasi juga terus dilakukan dengan berbagai pihak. Untuk informasi kerjasama dapat menghubungi WhatsApp 0838.7500.2000 atau email digihub@almuslim.sch.id. (Humas/ITry)

Related Articles

Back to top button