RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), terus melakukan berbagai persiapan dan upaya pengamanan infrastruktur demi memastikan kualitas layanan diterima masyarakat tetap baik dan prima.
Tak hanya mengawal kualitas jaringan dan mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi nasional, TelkomGroup secara khusus juga menyiagakan “Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2021” yang operasionalisasinya resmi dimulai pada Jumat (7/5) melalui kick off yang dilakukan oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko, didampingi Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Dian Rachmawan, dan Executive General Manager Divisi Service Operation Telkom, Akhmad Ludfy, serta turut diikuti melalui video conference oleh Direktur Enterprise Business Telkom, Edi Witjara dan Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid.
TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idulftri) 2021 ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan dalam menghadapi Ramadan dan Idulfitri yang diselenggarakan secara nasional hingga ke seluruh Telkom Regional dalam tema besar “Tetap Terhubung dan Terlindung” dengan tiga program utama, yakni Layanan Prima, Paket Khusus, dan Telkom Berbagi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak awal Ramadan hingga beberapa hari setelah Idulfitri.
Sebanyak 88 posko dioperasikan oleh lebih dari 20 ribu petugas yang standby 24 jam X 7 hari, baik nasional, Telkom Regional, divisi fungsi atau unit bisnis hingga anak perusahaan telah disiagakan untuk memonitor kualitas layanan TelkomGroup hingga tanggal 18 Mei 2021.
Adapun seluruh petugas posko, akan memantau layanan TelkomGroup secara digital melalui aplikasi.
“Di tengah pandemi yang masih berlangsung dan imbauan larangan mudik Idulfitri yang berpotensi pada meningkatnya trafik telekomunikasi, di mana masyarakat akan sangat mengandalkan konektivitas untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, kami berkomitmen untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat yang merayakan Hari Raya Idulfitri dengan memberikan layanan yang prima dan berkualitas, serta dimonitor rutin melalui posko layanan yang terintegrasi. Dengan adanya konektivitas yang andal, semoga masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi, baik melalui telepon, video conference hingga berbagi konten lebaran,” kata Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko dalam siaran pers yang diterima Radar Bekasi, kemarin.
Herlan juga mengapresiasi petugas posko yang mendedikasikan diri untuk mengawal layanan TelkomGroup, meski dalam suasana Idulfitri.
“Terima kasih atas dukungan dan komitmen petugas posko di seluruh Indonesia, yang merelakan waktu kebersamaan-nya bersama keluarga untuk mengawal kualitas layanan demi pelanggan. Tetap fokus pada empat hal, yakni disiplin operasi, quick response, quick action serta utamakan keamanan dan keselamatan,” imbuh Herlan.
Pada kesempatan yang sama, Herlan juga menyampaikan, progress pemulihan layanan TelkomGroup di Jayapura yang sempat terganggu, sebagai dampak putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi, Maluku, Papua Cable System (SMPCS) ruas Biak — Sarmi.
“Alhamdulillah, kapasitas bandwidth Telkom di Jayapura yang sudah up mencapai 2 Gbps, di mana 500 Mbps dukungan dari infrastruktur Palapa Ring Timur, dan 1.507 Mbps dari link satelit yang dioperasikan Telkomsat.
Selain itu, kami juga sudah menyiapkan kapal yang akan berangkat untuk melakukan penyambungan dan perbaikan pada kabel yang terputus. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak, agar proses perbaikan berjalan lancar, dan masyarakat Jayapura, dapat memperoleh layanan seperti sedia kala secepatnya,” ucap Herlan.
Ia menjelaskan, total kapasitas bandwidth Telkom yang pulih di Jayapura, saat ini mencapai 2,007 Gbps. Telkom terus mengupayakan agar kapasitas ini semakin meningkat, dengan mengerahkan teknisi dan petugas lapangan untuk pengaktifan link back up, serta mengawal proses pemulihan layanan agar segera terselesaikan. (bis)