Berita Bekasi Nomor Satu

Materi MPLS Daring Tak Berbeda

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi saat mengikuti ATHB-SP. DEWI WARDAH
ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih X Kota Bekasi saat mengikuti ATHB-SP. DEWI WARDAH

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ajaran baru 2021/2022 akan kembali dilaksanakan secara daring oleh sekolah di berbagai jenjang. Materi yang diberikan kepada siswa baru tahun ini tak berbeda dari sebelumnya.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi Yopik Roliyah mengatakan, bahwa MPLS pada tahun ajaran baru akan dilaksanakan secara daring seperti sebelumnya karena situasi pandemi.

“Sama seperti tahun sebelumnya, akan dilaksanakan secara daring,” ujar Yopik kepada Radar Bekasi, Selasa (13/7).

Sesuai petunjuk teknis (juknis), MPLS jenjang SMP akan dilaksanakan di hari pertama siswa baru masih sekolah pada 19 – 21 Juli 2021. MPLS wajib diikuti oleh peserta didik baru di seluruh satuan pendidikan.

Mekanisme maupun materi MPLS yang diberikan kepada siswa baru pada tahun ajaran ini tak berbeda dari sebelumnya. Yakni materi wawasan wiyata mandala, kepramukaan, belajar efektif, pendidikan karakter, tata krama, pengenalan kurikulum 2013 dan pembinaan mental. MPLS secara daring dilaksanakan beberapa jam.

“Biasanya kalo online maksimal 4 jam untuk 1 hari,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bekasi Ekowati mengatakan, MPLS jenjang SMA akan dilaksanakan secara daring pada 21 Juli 2021.

“Yang jelas daring, tetapi untuk juknis secara rincinya belum keluar,” ungkapnya. Perempuan yang menjabat sebagai kepala SMAN 1 Kota Bekasi ini memperkirakan, mekanisme maupun materi MPLS pada tahun ini tak berbeda dari sebelumnya.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bekasi Nopriandi mengungkapkan, MPLS akan dilaksanakan secara daring selama 3 hari mulai 21 Juli 2021. Dengan waktu maksimal empat jam setiap harinya, materi yang diberikan meliputi pengenalan program, sarana dan prasarana, cara belajar, konsep, pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.

“Materi ini sama dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, pada jenjang SMK terdapat pra MPLS untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dialami oleh para peserta didik baru.

Kepala Bidang Pendidikan SD Disdik Kota Bekasi Marwah mengatakan, pada awal masuk sekolah siswa baru hanya perkenalan dengan guru dan teman-temannya.

“Pengenalan guru dan siswa akan dilaksanakan secara daring, kemudian untuk jadwal dan kegiatannya akan ditentukan oleh masing-masing sekolah,” katanya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin