Berita UtamaPendidikan

120 Sekolah jadi Sampling Simulasi UNBK

TINJAU: Tim Disdik Kota Bekasi melakukan peninjauan terkait kesiapan sarana di salah satu sekolah sebelum dilaksanakannya simulasi ANBK. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah 120 sekolah di Kota Bekasi menjadi sampling pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 jenjang SD.
Saat ini, Dinas Pendidikan (Disdik) setempat mulai menghelat pelatihan dan persiapan sarana simulasi ANBK.

Kepala Bidang Pendidikan SD Disdik Kota Bekasi Marwah Zaitun menjelaskan, pada 12-20 Agustus 2021 dilakukan pelatihan dan persiapan sarana simulasi ANBK.
“Surat edaran sudah kami sampaikan ke sekolah untuk melakukan persiapan pelatihan dan kesiapan sarana simulasi ANBK,” kata Marwah kepada Radar Bekasi, Kamis (12/8).

Adapun pelaksanaan simulasi rencanannya akan berlangsung mulai 23 Agustus 2021. Marwah menjelaskan, dari 356 sekolah negeri dan 237 sekolah swasta, hanya 120 sekolah di setiap kecamatan yang akan menjadi sampling pelaksanaan simulasi ANBK.

“Masing-masing kecamatan ada 10 sekolah sebagai sampling, negeri dan swasta,” jelasnya.

Masing-masing sekolah dapat memilih secara acak 30 siswa dan 5 siswa cadangan untuk pelaksanaan ANBK. Untuk sementara, pelaksanaan simulasi ANBK bagi siswa akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2021.

“Jadi setiap sekolah dapat memilih secara random 30 siswa dan 5 cadangan, ini diambil untuk siswa kelas 5,” ucapnya.

Satuan pendidikan sampling yang akan mengikuti pelatihan diharapkan, kepala sekolahnya hadir, peserta pelatihan proktor ANBK (operator sekolah atau guru yang paham TIK), peserta sudah memiliki user dan password aplikasi BIOAN serta membawa laptop dengan spesifikasi minimal Core i3 (disarankan Core i5) dan windows 10.

Operator SDN Jatiasih IV Kota Bekasi sekaligus proktor simulasi ANBK Surya mengungkapkan, sosialisasi yang diberikan oleh Disdik ialah terkait cara menginstal software untuk pelaksanaan simulasi ANBK.

“Kita jadi salah satu sampling sekolah untuk pelaksanaan simulasi, jadi kita diberikan informasi untuk menginstal software pelaksanaan simulasi ANBK.” ucapnya.

Di SDN Jatiasih IV Kota Bekasi, pelaksanaan simulasi ANBK dibagi menjadi dua sif dengan masing-masing waktu 75 menit. “Kita dibagi dua karena hanya menyiapkan satu ruangan, masing-masing diberikan waktu 75 menit,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button