Berita Bekasi Nomor Satu
Bisnis  

LG Kurangi Penggunaan Emisi Gas Rumah Kaca

RADARBEKASI.ID — BEKASI – LG Electronics (LG) mengumumkan komitmen-nya untuk menetapkan target pengurangan emisi gas rumah kaca, sesuai target berbasis sains, pada tahun 2030.

Hal ini membuat perusahaan yang berpusat di Korea Selatan ini, menjadi yang pertama berpartisipasi dalam kampanye Net Zero Global Campaign, dengan penetapan ambisi pemanasan global hingga hanya 1,5°C.

Kampanye yang dipimpin Science Based Targets Initiative (SBTi) ini mendapat dukungan dari Carbon Information Disclosure Project (CDP), United Nations Global Compact (UNGC), World Resource Research Institute (WRI) dan World Wide Fund for Nature (WWF).

Kampanye ini juga dibuat dengan komitmen jangkauan partisipasi dari hampir 700 perusahaan global. Inisiatif Zero Carbon pada 2030, pertama kali digaungkan LG pada tahun 2019.
Komitmen ini bakal membuat perusahaan mengurangi jumlah total emisi karbon langsung, dan emisi tak langsung yang dihasilkan sepanjang proses produksi hingga 50 persen dibandingkan tahun 2017.

Target berbasis sains yang dipromosikan SBTi ini, sejalan dengan penelitian terbaru, dan hal yang dianggap perlu untuk memenuhi tujuan Paris Agreement untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius.

Dengan menyesuaikan ambisi bisnis untuk mencapai 1,5°C, LG menetapkan target baru untuk juga mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan selama fase penggunaan produk oleh konsumen-nya.

Diantara produk tersebut, yaitu kulkas, mesin cuci dan AC, dan kebutuhan rumah tangga. Hal ini dikatakan bakal menjadi tantangan yang jauh lebih besar bagi perusahaan.

Faktanya, laporan LG kepada Climate Disclosure Project (CDP) tahun ini, menunjukkan bahwa fase penggunaan produk utama menyumbang lebih dari 80 persen emisi gas rumah kaca. Target pengurangan emisi karbon LG untuk mengurangi emisi di seluruh proses produksi, mulai dari produksi hingga penggunaan pada tahun 2030, akan ditinjau dan divalidasi SBTi berdasarkan data ilmiah.

“Aktivitas LG saat ini, sejalan dengan strategi ESG jangka menengah hingga panjang kami, untuk menghasilkan produk dan layanan ramah lingkungan, bagi generasi mendatang,” ujar Executive Vice President dan Head of LG Electronics Quality Management Center, Kim Joon-ho, dalam siaran pers yang diterima radarbekasi.id, Kamis (12/8).

Kata dia, LG secara aktif bekerja pada solusi lingkungan yang berfokus pada tema, net zero and circular economy, sehingga, generasi mendatang dapat menikmati kehidupan lebih baik dan berkontribusi untuk masa depan lebih baik. (bis)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin