Berita Bekasi Nomor Satu

Kekosongan Jabatan Ganggu Pembangunan

KAWASAN PERMUKIMAN:  Foto udara kawasan permukiman padat penduduk di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Senin (23/8). ARIESANT/RADAR BEKASI
KAWASAN PERMUKIMAN:  Foto udara kawasan permukiman padat penduduk di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Senin (23/8). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengakui kekosongan jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berdampak terhadap capaian kinerja serta pembangunan di Kabupaten Bekasi.

Oleh karena itu, akan segera mengisi kekosongan 64 jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Kekosongan jabatan itu mulai dari eselon II b, III b, III a hingga IV a dan IV b.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Dani, melakukan uji kompentensi seluruh jabatan struktural demi asas keadilan dan sesuai kemampuan.

Menurut dia, pengisian kekosongan jabatan ini dilakukan agar roda pemerintahan serta pembangunan di Kabupaten Bekasi dapat berjalan dengan baik.

“Mulai besok (hari ini,Red), akan dilakukan proses pengisian jabatan struktural eselon II b, III a, III b, dan IV a, dan IV b,”  terang Dani,

Ia menjelaskan, alasan baru mulai melakukan proses pengisian jabatan yang kosong. Pasalnya, dalam satu bulan menjabat sebagai Pj Bupati Bekasi, dirinya lebih fokus untuk penanganan Covid-19.

Saat dilantik sebagai Pj Bupati Bekasi, kondisi kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sedang mengalami peningkatan cukup tinggi.

“Saya sudah sampaikan sejak awal, satu bulan pertama fokus untuk pengendalian Covid-19 dan alhamdulillah dalam sepekan terakhir ini kasusnya sudah semakin terkendali. Maka dari itu, saya mulai melakukan pengisian kekosongan jabatan agar kegiatan pembangunan, utamanya pemulihan ekonomi dampak Covid-19 berjalan dengan baik,” ucap Dani.

Dalam proses kegiatan pengisian kekosongan jabatan struktural, Dani memastikan, dilakukan secara profesional, proporsional, objektif, transparan, dan tidak transaksional.

Ada empat unsur tim penilai dalam proses pengisian kekosangan jabatan ini, mulai dari dirinya sendiri sebagai Pj Bupati Bekasi, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Asisten Daerah III Bidang Adminstrasi, dan Inspektorat Kabupaten Bekasi.

“Inilah tim yang akan membantu saya untuk mengkaji dan memberikan rekomendasi-rekomendasi terhadap proses penempatan jabatan, baik struktural maupun fungsional,” ujar Dani.

Adapun untuk pengisian jabatan eselon II a atau Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, pihaknya masih menunggu surat resmi dati Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), terkait pelaksanaan seleksi pemilihan jabatan tersebut.

Dani menyampaikan, proses pengisian jabatan ini berdasarkan penyesuaian terhadap kompetensi dan internal organisasi. Selain pengisian jabatan yang kosong, juga akan dilakukan mutasi dan rotasi jabatan, sesuai dengan kebutuhan dan kompetensinya.

Tidak hanya berbicara mengenai kompetensi, Dani juga menilai track record para calon pejabat struktural yang bertujuan untuk melihat integritas dan komitmen melalui self assessment atau pengamatan serta wawancara.

“Saya tegaskan juga, kegiatan pengisian kekosongan jabatan, atau rotasi mutasi ini menjadi hal biasa karena sesuai kebutuhan organisasi. Jangan sampai menganggu kinerja, apalagi penyerapan anggaran kegiatan ini jadi tidak bermanfaat,” imbuhnya.

Dani menambahkan, dalam proses ini juga dibuka kesempatan bagi pegawai Pemkab Bekasi yang merasa mampu dan memenuhi syarat untuk mengisi kekosongan jabatan agar dapat menyampaikan self assessment dan self promotion.

Kegiatan pemilihan dan pengsian ini sangat penting, sehingga terbentuk tim yang kompeten, punya kapasitas, integritas dan komitmen demi bersama-sama menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bekasi.

“Saya berharap kekosongan jabatan ini diisi oleh ASN terbaik dan ini akan terus dievaluasi secara berkala. Tapi saya yakin, dengan proses yang baik akan menciptakan kinerja positif, prosedur normal dan normatif, sehinggga mereka lebih fokus untuk bekerja,” tandas Dani. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin