Bisnis

Fokus Kesehatan, LG Hadirkan Lemari Es Multi Door

Dilengkapi Dispenser Air dengan UV Nano

PERLIHATKAN PRODUK: Seorang model, memperlihatkan produk lemari es multi door LG, yang dilengkapi dengan dispenser air dengan teknologi UV Nano. DOK.LG.RADARBEKASI.ID.

RADARBEKASI.ID-JAKARTA – PT LG Electronics Indonesia (LG) semakin gencar memperkenalkan produk elektronik yang menitik beratkan pada penjagaan kesehatan pengguna.

Terbaru, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini, memperkenalkan lemari es multi door, yang dilengkapi dispenser air dengan teknologi UV Nano. Dengan memanfaatkan penyinaran UV, teknologi ini bekerja mengeliminasi kemungkinan terdapatnya berbagai partikel yang dapat merugikan kesehatan, yang melekat pada saluran keluar air.

“Inovasi ini, melengkapi berbagai fitur pendukung kesehatan lain yang menjadikan lemari es empat pintu, sebagai pilihan tepat bagi keluarga yang memiliki perhatian lebih pada kesehatan,” kata Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia, Rumbi Simanjuntak, dalam siaran pers yang diterima radarbekasi.id, Senin (6/9).

Lanjutnya, lemari es yang diperkenalkan dalam model GC-L22FTQBL ini, merupakan lemari es pertama LG yang dilengkapi dispenser air dengan UV Nano.

Dijelaskan Rumbi, lemari es dengan dispenser air, memang bukan merupakan yang pertama kalinya ada di Indonesia. LG pun sebenarnya, telah memiliki kelengkapan pada seri sebelumnya. Seiring perkembangan minat konsumen, lemari es dengan kelengkapan dispenser air, semakin diminati.

Beberapa alasan diantaranya, karena kemudahan untuk mengambil air dingin tanpa harus menyediakan tempat penyimpanan khusus, berupa deretan botol di dalam lemari es.

Selain itu, dengan dispenser air yang melekat pada bagian penampung salah satu bilah pintunya, membuat pengguna tak harus membuka pintu lemari es, hanya untuk menikmati segelas air sejuk.

Hanya saja, menurut Rumbi, pada penggunaan-nya, dispenser air ini sering luput dari perhatian dalam pembersihan-nya. Dengan ujung saluran keluarnya air yang terus terbuka, memungkinkan melekatnya berbagai partikel yang merugikan kesehatan.

“Akibatnya, kemungkinan berbagai partikel berbahaya ini, terikut pada air yang kemudian dikonsumsi, dan mempengaruhi kesehatan penggunanya,” ujar Rumbi.

Hal inilah yang menurutnya, menjadi titik tolak LG dalam mengembangkan inovasi penyinaran UV Nano pada lemari es, dengan dispenser air terbarunya ini.

Terletak pada bagian dalam, fitur UV Nano akan melakukan pembersihan dengan penyinaran yang meliputi hingga ujung saluran keluarnya air pada dispenser.

Tanpa perlu pengaktifan khusus, penyinaran ini akan bekerja membersihkan bagian dalam saluran air secara otomatis sepanjang sepuluh menit pada setiap jamnya. Namun demikian, LG juga menyediakan opsi untuk pengguna mengaktifkan-nya secara manual sesuai kebutuhan. Dengan kerja demikian, dikatakan-nya, penyinaran UV Nano ini dapat menyingkirkan bakteri pada mulut dispenser, dengan efektivitas hingga 99.99 persen.

Menggunakan metode non-plumbed, dispenser air pada lemari es terbaru LG ini bekerja tanpa memerlukan sambungan saluran khusus ke sumber air, di luar lemari es. LG menyediakan wadah yang tersemat pada bagian dalam lemari es berkapasitas empat liter sebagai gantinya.

Meski kelengkapan dispenser air dengan UV Nano tampil sebagai inovasi baru, fokus penjagaan kesehatan pengguna pada lemari es ini, bukan hanya sampai di sana. Pada bagian dalam kabin penyimpan bahan makanan dan minuman, LG menyematkan fitur Hygiene Fresh+.

Rumbi menambahkan, filter udara yang mendapat reputasi sebelumnya dari berbagai lemari es premium LG ini, bekerja untuk mengeliminasi berbagai bakteri hingga 99.99 persen, yang mungkin melekat pada bahan makanan dan minuman pada saat menyimpan-nya di dalam lemari es. Di samping itu, filter ini juga meminimalisir bau tidak sedap dalam kabin lemari es berkapasitas bersih 428 liter dengan warna hitam matte ini.

Sementara untuk menjaga kesegaran bahan makanan yang tersimpan di dalamnya, LG kembali mempercayakannya pada kolaborasi kerja dua fitur khasnya, yaitu DoorCooling+ dan Multi Air Flow.

Menyadari bahwa kunci menjaga kesegaran makanan ada pada kemampuan menjaga tingkat fluktuasi suhu di dalam lemari es, kedua fitur ini bekerja untuk memastikan suhu dingin teralirkan dengan cepat dan merata pada seluruh bagian kabin dalam.

Terletak pada bagian dalam sisi kabin yang dekat dengan pintu, DoorCooling+ berbentuk saluran udara khusus yang dirancang untuk membuat rak pada bagian dalam pintu, memiliki suhu dingin yang sama dengan bagian lain-nya.

Di samping itu, kerja DoorCooling+ mempercepat proses pendinginan kembali bagian dalam lemari es, saat suhu dingin terlepas akibat dari proses membuka tutup pintu lemari es.

Disisi lain, tugas menjaga dinamika suhu pada rak bagian dalam, menjadi bagian dari Multi Air Flow. Wujudnya yang berupa desain dan penempatan saluran udara dingin pada beberapa titik dalam kabin, memungkinkan suhu dingin lebih merata, meliputi hingga seluruh bagian rak penyimpanan makanan dan minuman.

“Kecepatan memulihkan kembali suhu dingin sekaligus membuatnya merata, meliputi seluruh bagian kabin penyimpanan makanan dan minuman ini, menjadi kunci penting dalam menjaga kesegaran bahan makanan dan minuman untuk konsumsi keluarga,” terang Rumbi.

Melengkapi upaya untuk menjaga tingkat fluktuasi suhu dingin yang rendah ini, LG menerapkan lapisan khusus pada bagian dalam kabin. Berjuluk metal fresh dengan warna logam, lapisan ini dipilih karena karakteristiknya yang lebih baik, dalam mempertahankan suhu dingin dibandingkan lapisan yang diterapkan pada lemari es sebelumnya.

Bertempat di dekat kipas dan ventilasi yang menyemburkan suhu dingin ke dalam kabin, lapisan metal fresh ini akan sangat berguna, utamanya ketika suatu saat lemari es terputus dari daya listrik. Dengan lapisan metal fresh, lemari es ini dapat lebih lama mempertahankan suhu dingin dalam kabin dibanding lemari es lain yang hanya memiliki kisaran waktu tiga jam menahan suhu dingin, untuk menahan kesegaran makanan didalamnya.

Bahkan, lemari es LG GC-L22FTQBL ini, telah tersedia di berbagai toko elektronik di seluruh Indonesia. Untuk meminangnya, LG mematok pada harga dengan kisaran Rp 20 jutaan. (bis)

Related Articles

Back to top button