Berita Bekasi Nomor Satu

Bawaslu – Unisma Sepakat kawal Pemilu

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi dan Universitas Islam ’45 (Unisma) Bekasi, sepakat akan mengawal Pemilu serentak 2024 mendatang. Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), kemarin.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki mengaku, kerjasama ini merupakan bagian dari rencana strategis Bawaslu Kota Bekasi untuk peningkatan pengawasan dan partisipatif di wilayah Kota Bekasi.

“Ini sejarah pertama buat Bawaslu kerjasama dengan Kampus, sekaligus juga merupakan bagian dari rencana strategis kami agar bisa meningkatkan pengawasan partisipatif bagi masyarakat di Kota Bekasi,” Kata Nisa dalam keterangan tertulis, Selasa (7/9).

Nisa menyebut, perguruan tinggi merupakan lembaga strategis dalam mensosialisasikan program-program, dan kerja-kerja Bawaslu. Bahkan, beberapa pelaksanaan kegiatan dari Bawaslu Kota Bekasi sebelumnya juga telah libatkan mahasiswa-mahasiswi, khususnya dari kampus Unisma Bekasi, seperti kegiatan sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP), pengambilan data untuk penelitian skripsi.

“Dan harapan kami Bawaslu Kota Bekasi dan FISIP UNISMA bersama-sama ikut mengawal demokrasi, sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas, Pemilu bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Karena kerjasama ini jadi bagian dari persiapan kami hadapi Pemilu 2024 guna pencegahan pelanggaran Pemilu,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unisma Bekasi, Yanto Supriyatno menyampaikan, pihaknya sangat apresiasi atas penyediaan ruang bagi para mahasiswanya di Unisma 45 Bekasi untuk dapat terlibat aktif dalam upaya meningkatkan pengawasan partisipatif di Kota Bekasi.

Hal ini juga, kata dia, merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma sebuah Perguruan tinggi. Sehingga, harapannya kedepan hal ini bisa terus terjalin dengan kedua belah pihak guna menguatkan fungsi sebagai lembaga pendidikan.

“Dengan MoU ini diharapkan bisa banyak dari mahasiswa yang melibatkan dirinya dalam proses demokrasi di Kota Bekasi baik lewat kegiatan penelitian, maupun juga pendidikan politik sehingga mengetahui hal-hal penting yang terkait pemilu dan pengawasan pemilu,” tandasnya. (mhf)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin