Cikarang

Bangun Kewaspadaan, BNPT Resmikan Warung NKRI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG TIMUR – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), kembali meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI dengan tema “Industri Aman Ekonomi Bergerak,” di Amazone World Boulevard, Jababeka, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Rabu (22/9).

Pendirian Warung NKRI ini, merupakan kolaborasi BNPT dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Barat, dalam rangka memberantas paham radikal terorisme, di kawasan industri.

Sebagaimana diketahui, ancaman ideologi radikal terorisme, dapat menyerang siapapun, dan dimanapun, tak terkecuali di dunia industri, yang merupakan motor penggerak ekonomi.

Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan, Warung NKRI di kawasan industri ini, dapat membangun kewaspadaan dini terhadap ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

“BNPT harus membantu masyarakat untuk mengingat kembali Pancasila. Mari untuk saling menguatkan ideologi, agar ideologi lain tidak masuk ke masyarakat,” imbuh Boy.

Sementara itu, Sekretaris Utama BNPT, Mayjen TNI Untung Budiharto menyampaikan, penanggulangan terorisme merupakan tanggung jawab bersama. Ia berharap, Warung NKRI ke-3 ini, bisa menjadi pionir industri yang aman dari terorisme.

“Menindak terorisme, tidak hanya bisa dilaksanakan oleh BNPT, tetapi juga partisipasi bapak ibu sekalian. Bahkan antusiasme dan tanggung jawab bapak ibu, untuk menyelamatkan bangsa ini,” beber Mayjen TNI Untung.

Ia menjelaskan, Warung NKRI ini, merupakan program BNPT yang melibatkan seluruh elemen bangsa, dan lapisan masyarakat, dalam menggiatkan dialog-dialog kebangsaan yang sarat akan nilai persatuan, toleransi, dan gotong royong.

Pesan kebangsaan dari dalam Warung NKRI ini, diharapkan dapat menjalar ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, bisa dibendung.

Sebelumnya, BNPT bersama Kementerian Sosial (Kemensos) RI, telah meresmikan Warung NKRI, di Kota Bekasi, pada bulan Agustus 2021 lalu, dan bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (KOSTRAD), di Ciluar, Kota Bogor, pada September 2021.

Sedangkan Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan menuturkan, Warung NKRI ini, gagasan dari BNPT. Sehingga, kedepannya, masyarakat harus beradaptasi, karena di Kabupaten Bekasi ini, ciri khasnya ada kawasan industri yang besar.

Di mana, Warung NKRI ini menjadi sarana untuk bertemu, dan berdialog pelaku industri, apakah itu pekerja maupun pengusahanya, yang dikordinir oleh para HRD.

“Warung NKRI itu akan diisi dengan kegiatan dialog-dialog kebangsaan, mengenai Pancasila, radikalisme, kebangsaan, dan sebagainya,” saran Dani. (pra)

 

Related Articles

Back to top button