Berita Bekasi Nomor Satu

Posyandu Nusa Indah VII Andalkan 15 Program Unggulan

FOTO BERSAMA: Para kader Posyandu Nusa Indah VII Sukadami, foto bersama di depan posyandu, di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. IST/RADAR BEKASI

CIKARANG SELATAN – Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Salah satunya, Posyandu Nusa Indah VII Sukadami, yang berada di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi ini, berupaya memberi pelayanan yang aman, nyaman, ramah, dan berada di tengah-tengah masyarakat.

Sehingga, jika berada di posyandu tersebut, seakan-akan berada di rumah sendiri. Meskipun di masa pandemi, Posyandu Nusa Indah VII, tetap melayani masyarakat dengan

protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan oleh para kader posyandu kepada Bina Keluarga Balita, Bina Remaja, dan Bina Lansia.

Dengan motto Wujudkan Sehat Utuh Mandiri, Posyandu Nusa Indah VII, mewujudkan masyarakat sehat secara fisik, psikologis, ekonomi, dan kondisi lingkungan yang sejati, Jadi, sehatnya paripurna. Sementara mandiri, artinya berdiri sendiri melalui program UMKM, Bank Sampah, dan kemitraan salah satunya dengan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

“Harapan kami, yang pertama, Posyandu Nusa Indah VII menjadi yang terbaik dan memotivasi posyandu – posyandu yang lainnya,” kata Pembina Posyandu Nusa Indah VII, Adi Pranaya.

Adi menuturkan, ada hal yang menarik dari posyandu tersebut, yakni memiliki 15 keunggulan

Posyandu yang dilakukan saat pandemi, Posyandu Ramah Anak (Posyara), Kakak Sayang Balita (Kasaba), Kader Posyandu Asuh (Kopasu), Stunting Menu Sehat (Stun Mus), Posyandu Gizi Sehat (Posyagis), Peduli Dana Sehat (Pedas), Sehat Ibu Hamil (Sebumil), Kebun Sayur Balitaku (Kesabaku), Tanaman Obat Balitaku (Tabaku), Kolam Balitaku (Kobali), Posyandu Remaja Sehat (Posyares), Posyandu Warung Sehat (Poswas), Sharing Bersama Kader Posyandu (Sherkapos), Posyandu Peduli Lingkungan (Pospeling), dan Posyandu Lansia Sehat (Polas).

“Melalui 15 program unggulan inilah, Posyandu Nusa Indah VII memfokuskan pada giat keluarga secara utuh,” terang Adi.

Sementara untuk membedakan dengan yang lainnya, Posyandu Nusa Indah VII, juga memiliki binaan Rumah Pintar Inklusi, yang mengajak anak anak berkebutuhan khusus, untuk mengikuti giat pengembangan kreativitas, di rumah pintar tersebut, Bank Sampah, menjadikan lingkungan binaan Posyandu asri, bersih, dan indah, Taman Baca Anakku literasi bagi warga binaan Posyandu, serta UMKM Warung Sehat dalam olahan cemilan lele menjadi snack yang disukai anak-anak.

“Melalui Tribina Posyandu dan 15 Program Unggulan, serta empat binaan posyandu tersebut, telah berhasil membawa dua kader posyandu menjadi kader terbaik Astra 2021, dan Rumah Pintar Terbaik Astra Cerdas, tingkat Nasional. Suatu prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi,” ucap Adi. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin