Terganggu Aksi Demo Ormas, Warga Datangi DPRD

PROSES AUDIENSI: Sejumlah warga menyampaikan aspirasi melalui audiensi dengan DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (25/10). AND/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Puluhan warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Deltamas, mendatangi kantor DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (25/10).

 


Kedatangan warga itu diterima oleh anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, yang mendengarkan keluhan atas ketidaknyamanan yang dirasakan para warga, lantaran wilayahnya kerap dijadikan sebagai tempat unjuk rasa organisasi masyarakat (ormas), buntut permasalahan perebutan limbah sebuah perusahaan di kawasan industri Greenland International Industrial Center (GIIC).  

 


“Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh para ormas itu sudah dua kali. Pertama, tanggal 29 September 2021, lalu mereka datang kembali dengan jumlah masa mencapai ribuan. Kalau tidak salah, ada 16 ormas yang melakukan aksi pada tanggal 12 Oktober 2021 lalu,” kata salah seorang warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Deltamas, Awan.

 

Ia menyampaikan, warga sekitar merasa was-was, resah dan tidak nyaman, akibat unjuk rasa tersebut. Belum lagi, arus lalu lintas terganggu, sehingga kemacetan terjadi sejak pagi hingga sore.

 

“Kami berharap, tidak ada lagi aksi-aksi serupa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, harus berani mengambil tindakan tegas. Kalau lanjut-lanjut terus demonya, jujur kami merasa terusik. Ekonomi terganggu, jalanan macet, pedagang jadi takut jualan,” terang Awan.

 

Oleh sebab itu, ia meminta agar DPRD Kabupaten Bekasi, bisa membantu mencari solusi permasalahan untuk menghindari terjadinya konflik horizontal, serta terganggunya iklim investasi di kawasan GIIC, yang nantinya akan berimbas pada menurunnya kesejahteraan masyarakat sekitar.

 

Sementara itu, Nyumarno berjanji, akan menjembatani aspirasi warga kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi, sehingga situasi di sekitar Delta Mas, kembali kondusif.

 

“Memang kami menerima audiensi warga lingkungan sekitar Deltamas, dari Sukamahi, Sukamukti, Wibawa Mukti, dan beberapa desa lain. Kami sudah mencatat beberapa poin, yang nantinya akan disampaikan kepada pimpinan DPRD, agar permintaan warga disampaikan ke Forkopimda Kabupaten Bekasi, demi menjaga keamanan, dan ketertiban di wilayah tersebut,” ucap Nyumarno. (and)