Bisnis

32 Keluarga Prasejahtera Terima Bantuan Sambungan Listrik

PLN UP3 Bekasi memberikan bantuan sambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA. ISTIMEWA

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sejumlah 32 keluarga prasejahtera menerima bantuan sambungan listrik gratis dengan daya 450 VA dari PT PLN  (Persero) melalui Unit Pelaksana Pelayana Pelanggan (UP3) Bekasi. Program penyambungan listrik gratis ini merupakan hasil dari ajang PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 yang diselenggarakan secara nasional dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-76.

Dalam VCRR peserta diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah yang nantinya digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp40 ribu dan sepeda sebesar Rp36 ribu.

Manajer PLN UP3 Bekasi Rahmi Handayani menyampaikan, PLN Mobile VCRR 2021 merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021 serta dapat dicicil jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal. Adapun tema yang diambil ialah “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam PLN Mobile VCRR 2021. Dengan mengikuti program ini, peserta tidak hanya mendapat manfaat kesehatan tetapi juga turut membantu warga tidak nampu agar bisa segera menikmati listrik.

“Dengan mengikuti VCRR ini, kita berolahraga sambil membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu mendapatkan listrik. Dengan hadirnya listrik, diharapkan kesejahteraan saudara-saudara kita di seluruh Nusantara bisa lebih meningkat,” kata Rahmi, melalui keterangan resminya.

Rahmi menjelaskan,  penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Di Bekasi (kota/kabupaten) terdapat 32 pelanggan yang berhak menerima bantuan ini,” kata Rahmi.

Sebagai informasi, biaya penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah, pemeriksaan instalasi dan sertifikat laik operasi yang ditetapkan pemerintah, token dan materai sekitar Rp800 ribu sampai Rp1 juta.

Kekinian, berdasarkan data PLN Jawa Barat, dari hasil donasi terkumpul Rp2,1 Miliar. Dana itu diperuntukkan untuk biaya penyambungan listrik keluarga prasejahtera.

Adapun target donasi dapat tersalurkan ke 3.000 pelanggan yang pelaksanaannya tersebar di sembilan unit pelaksana yakni Bekasi, Cimahi, Cirebon, Majalaya, Purwakarta, Indramayu, Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi. (oke)

Related Articles

Back to top button