Cikarang

Kerusakan Jalan Disebabkan Truk Besar

RADARBEKASI.ID, CIBITUNG – Banyaknya truk bertonase berat yang melintas di Jalan Cikarang-Cibarusah, dan Jalan Bosih Raya, Kelurahan Wanasari, Cibitung, Kabupaten Bekasi, menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan salah satu warga, Cecep (56). Kata dia, kerusakan sejumlah ruas jalan, karena seringnya truk bermuatan berat melintas, sehingga menyebabkan kontur jalan menjadi bergelombang, dan meninggalkan lubang berukuran besar.

“Banyak truk-truk proyek yang lewat sini. Terutama truk proyek pengerjaan Tol Cibitung-Cilincing, di Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL),” terang Cecep.

Tak hanya truk pengangkut tanah dan material proyek saja yang melintas, namun truk-truk pengangkut sayur dari Pasar Induk Cibitung, juga sering melewati Jalan Bosih Raya.

Kondisi itu diperparah, karena jalan belum diaspal, sehingga menyebabkan kontur tanah semakin lembek dan turun saat hujan mengguyur kawasan tersebut.

“Tanahnya nggak kuat kalau dilewati truk terus menerus. Jadi berlubang dimana-mana,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, saluran air tak berfungsi dengan maksimal, sehingga Jalan Bosih Raya, selalu kebanjiran saat hujan turun. Tak sedikit pengendara motor yang tergelincir, dan mesinnya rusak, karena memaksakan diri melintas.

Ia berharap, agar Jalan Bosih Raya bisa diperbaiki sebelum menunggu proyek Underpass Cibitung selesai, untuk menghindari kecelakaan yang dapat membahayakan pengguna jalan.

“Kalau bisa, perbaikan jalan itu jangan menunggu Underpass selesai dikerjakan. Apalagi proyek tersebut, paling baru selesai tahun depan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Cibitung, Encun Sunarto, mengimbau agar pengguna jalan tidak memaksakan diri melintas di Jalan Bosih Raya, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, yang jalannya rusak berat.

“Kami sudah meminta masyarakat, agar mengambil jalur alternatif lain, karena kondisi jalannya rusak,” saran Encun.

Menutup ruas jalan, sambung Encun, juga bukan perkara mudah, lantaran Jalan Bosih Raya merupakan jalur penghubung yang sering dilalui masyarakat saat hendak menuju ke Stasiun Cibitung.

Selain itu, kendaraan berat dan truk pengangkut material, juga melintasi jalur itu, dalam rangka proyek pembangunan Underpass Cibitung.

Namun demikian, Encun mengaku telah melakukan pengajuan kepada pihak yang mengerjakan proyek, agar jalan rusak di sepanjang 400 meter tersebut, segera diperbaiki.

“Sudah kami sampaikan juga, agar secepatnya dilakukan perataan jalan. Kalau sudah diratain, maka pengguna jalan bisa lewat,” ucapnya. (and)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button