Toko Elektronik Ludes Dilalap si Jago Merah

PADAMKAN API : Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, berusaha memadamkan api, yang menghanguskan rumah toko (ruko), di Jalan RE Martadinata, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/11). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG UTARA – Kebakaran yang diduga akibat korsleting listrik, menghanguskan rumah toko (ruko) perlengkapan rumah tangga dan elektronik, di Jalan RE Martadinata, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/11) siang.

Menurut keterangan pemilik ruko, Agustin (48), kebakaran pertama kali diketahui oleh supir mobil angkutan umum yang kerap mangkal di depan toko tersebut. Kata Agustin, toko pada saat peristiwa kebakaran terjadi, dalam kondisi tutup.


“Saya dapat info awalnya dari supir yang suka nongkrong di depan toko. Awalnya muncul bau sangit, terus terlihat api dari bagian belakang” tuturnya saat ditemui di lokasi.

Agustin menuturkan, di dalam tokonya banyak barang yang mudah terbakar, seperti peralatan rumah tangga, barang elektronik, dan produk mebel, sehingga api cepat merambat keseluruh bagian bangunan toko yang terbagi menjadi tiga ruang.


“Ruko ini kan ada tiga ruangan, bagian kiri perabotan rumah tangga, tengah itu ada barang elektronik, dan yang sebelahnya lagi, ada mebel, sehingga api cepet membesar. Ketika saya datang, itu api sudah besar” ucapnya.

Untuk memadamkan kobaran api tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, mengerahkan tujuh unit mobil Damkar, dan 45 personil dari Mako Cikarang Barat, serta beberapa dari markas Damkar sekitar lokasi.

Danru Damkar Kabupaten Bekasi, Khoirul menyampaikan, petugas sempat kesulitan dalam melakukan proses pemadaman, lantaran sulitnya mendapatkan sumber air, juga ramainya warga yang ada di lokasi, untuk melihat peristiwa tersebut.

“Kami kesulitan sumber air, juga kondisi lokasi kebakaran yang letaknya tepat disebrang Pusat Grosir Cikarang.  Sehingga banyak warga juga yang sempat melihat peristiwa itu,” bebernya.

Titik sumber api, kata Khoirul, diduga berasal dari bagian belakang bangunan toko tersebut, akibat adanya korsleting listrik. Ditambah lagi banyaknya barang yang mudah terbakar, membuat api cepat merambah ke seluruh isi dalam toko.

“Dugaan sementara, kebaran berasal dari korsleting listrik di bagian belakang,” ucap Khoirul.

Ia juga mengungkapkan, dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Guna mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran, serta kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut, masih dalam penyelidikan dan penanganan petugas dari Polsek Cikarang. (pra)