Jelang Nataru, Polsek Sukatani Gencarkan Patroli Malam

ILUSTRASI : Petugas gabungan memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM) di pos penyekatan arus balik di Sasak Jarang, Bekasi Timur, Kota Bekasi, selama larangan arus mudik 2021. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, SUKATANI – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Polsek Sukatani, gencar melakukan patroli malam, untuk mencegah berbagai aksi kejahatan.

Sebab, para pelaku kejahatan akan meningkat setiap penghujung tahun, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan.


Kanit Reskrim Polsek Sukatani, Iptu Witrio mengatakan, saat ini pihaknya sedang menggencarkan patroli malam pada sejumlah titik, di wilayah Sukatani maupun Sukakarya.

Hal itu, mengingat kedua wilayah tersebut, banyak tempat-tempat sepi, dan kurangnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), sehingga harus gencar melakukan patroli, agar kejahatan di jalanan tidak marak.


“Memang di wilayah hukum Polsek Sukatani, ada beberapa titik fokus kami dalam melakukan patroli, karena tempatnya sepi, dan kurangnya penerangan jalan,” tuturnya kepada Radar Bekasi, Minggu (28/11).

Witrio mengaku, selama ini ada beberapa kejadian pembegalan di wilayah Sukatani maupun Sukakarya. Menurutnya, aksi kejahatan tersebut, kerap dilakukan di tempat-tempat sepi dan gelap, dengan sasaran warga yang melintas seorang diri pada malam hari.

“Beberapa kali terjadi aksi pembegalan, rata-rata titiknya di tempat yang sepi dan gelap. Tapi, banyak juga yang sudah berhasil kami ungkap,” bebernya.

Dijelaskan Witrio, dari beberapa kasus kejahatan yang sudah berhasil terungkap, kebanyakan para pelakunya anak-anak remaja. Mereka membawa senjata tajam (sajam) saat melakukan aksinya. Berdasarkan keterangan beberapa pelaku, hasil kejahatan tersebut digunakan untuk foya-foya.

“Kebanyakan pelakunya masih remaja, dan hasilnya buat foya-foya,” terang Witrio.

Oleh karena itu, ia berharap, agar masyarakat bisa mengurangi aktivitas diluar rumah saat malam hari. Misalkan memang tidak terlalu penting. Kemudian, masyarakat juga bisa melaporkan apabila ada orang-orang yang mencurigakan di lingkungannya. Hal itu sangat perlu dilakukan, untuk membantu kinerja pihak kepolisian.

“Peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencegah aksi kejahatan, dengan melaporkan, apabila ada yang mencurigakan. Dan yang terpenting, kurangi aktivitas diluar rumah saat malam hari,” imbuhnya. (pra)