Pecah Ban, Truk Kontainer Terguling

ANGKAT KONTAINER: Sebuah alat berat forklift mengangkat peti kemas kontainer yang terguling, di lampu merah, Jalan Tekno Boulevard, Kawasan Jababeka, Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (5/12). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG UTARA – Akibat pecah ban, peti kemas truk kontainer bermuatan bahan baku kain tekstil seberat 32 ton, terguling di lampu merah, Jalan Tekno Boulevard, Kawasan Jababeka, Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (5/12).

Menurut keterangan sopir truk kontainer bernomor polisi B 9247 FJ, Endang (42), kendaraan tersebut mengalami pecah ban saat akan menikung dan masuk ke kawasan industri Jababeka, di Jalan Tekno Boulevard. Karena tidak kuat menahan beban muatan, twist lock serta sasisnya patah, sehingga peti kemasnya terguling ke sebelah kanan, dan menimpa deretan barrier beton.


“Saat menikung, tiba-tiba bannya pecah, lalu muatannya terguling ke kanan, akibat sasisnya patah di bagian depan,” tuturnya saat dimintai keterangan di lokasi.

Salah satu warga yang ada di sekitar lokasi kejadian, Edoy (45) menuturkan, ia hanya mendengar suara seperti ban pecah, disusul dengan gemuruh yang keras, dan terlihat olehnya muatan truk kontainer sudah dalam posisi ke sebelah kanan.


“Awalnya saya cuma dengar kaya suara ban pecah, terus suara barang jatuh. Begitu dilihat, ya itu kontainer sudah posisinya terguling,” ucapnya.

Sebagai warga, dia berharap, pemilik armada angkutan kontainer yang sering melintas di wilayah tersebut, agar memperhatikan kondisi kendaraan, sehingga tidak ada lagi peristiwa serupa, karena sangat membahayakan pengendara lainnya.

 

“Saya lihat kaitannya patah, dan sudah nggak layak gitu. Ini kan jalur lalu lalang kontainer, kalau bisa diperhatikan lagi kondisi kendaraannya, coba kalau lagi rame, pasti ada korban,” sesalnya.

Beruntung tidak ada korban akibat peristiwa tersebut. Namun selama hampir tiga jam lebih, akses jalan Tekno Boulevard, arah kawasan industri Jababeka-Jurong, ditutup oleh petugas Satlantas Polres Metro Bekasi. Lantaran proses evakuasinya harus menggunakan satu unit alat berat forklift peti kemas.

Saat ini, kasus laka lantas tersebut sudah ditangani petugas unit laka lantas Polres Metro Bekasi. Guna dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan lanjutan, untuk memastikan penyebab kecelakaan, truk kontainer bersama pengemudinya, dibawa ke kantor unit laka lantas, di Jalan Inspeksi Kalimalang, Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara. (pra)