Ketegasan Pemerintah Diharapkan

RAWAN BANJIR: Pengendara melintas Jalan Imam Bonjol Cikarang Barat, Senin (20/12). Jalur Pantura itu selalu banjir saat musim hujan meskipun sudah diperbaiki. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG BARAT – Jalur Pantura di Kabupaten Bekasi selalu banjir saat musim hujan. Kondisi tersebut diharapkan dapat terselesaikan setelah adanya tinjauan langsung oleh Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki, baru-baru ini.

Biasanya, setelah hujan deras ketinggian banjir di jalur tersebut mencapai setengah meter. Pengemudi mobil maupun motor yang nekat melintas membuat kendaraannya mogok hingga membuat kemacetan sampai 5 kilometer.


Demikian disampaikan oleh Penggiat Lingkungan Hidup Komunitas Save Kali Cikarang Dedi Kurniawan. Menurutnya, banjir yang terjadi di Jalur Pantura disebabkan oleh banyak faktor.

“Penyebabnya cukup banyak, karena lahan yang menjadi resapan air dibangun sebuah PT. Kemudian kondisi drainase buruk,” kata pria yang akrab disapa John Smokers ini.


John Smoker menuturkan, saat kunjungan Plt Bupati Bekasi dirinya sempat berdiskusi langsung terkait Jalur Pantura yang semakin parah setiap tahun. Ia berharap adanya ketegasan pemerintah kepada pihak swasta yang menanamkan investasinya tanpa merusak lingkungan yang berdampak kepada masyarakat.

“Adanya kunjungan kepala daerah kami harap ada perubahan. Karena rakyat juga membayar pajak, bukan hanya pihak swasta,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Obon Tabroni menyampaikan dirinya selalu menyuarakan serta memperjuangkan kondisi Jalur Pantura, tepatnya di wilayah Cikarang Barat hingga Cibitung. Hanya saja permasalahan tersebut memang belum kunjung selesai.

Menurutnya, kondisi tersebut perlu diselesaikan oleh seluruh unsur melalui musyawarah bersama. Sebab Jalur Pantura merupakan jalan nasional yang merupakan kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kondisi jalan memang sudah lama terjadi banjir. Hal ini juga akan saya coba upayakan terus supaya dapat diselesaikan secara musyawarah bersama dengan kepedulian untuk masyarakat dalam pelayanan infrastruktur yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki menyampaikan, masalah infrastruktur akan menjadi fokusnya. ”Masalah infrastruktur menjadi prioritas. Nanti akan saya maksimalkan ya supaya infrastruktur bisa lebih baik lagi dan jalan tidak terendam banjir,” tuturnya. (and)