Berita Bekasi Nomor Satu

Siapkan Mitigasi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Nataru

ILUSTRASI: Pekerja membersihkan ruangan di rumah kos Jababeka Cikarang Kabupaten Bekasi yang dijadikan tempat isolasi terpusat pasien Covid-19, beberapa waktu lalu. Pemkab Bekasi menyiapkan mitigasi lonjakan kasus Covid-19 pasca momen Nataru. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyiapkan mitigasi lonjakan kasus Covid-19 yang berpotensi terjadi pasca momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Mulai dari penyediaan fasilitas tempat isolasi terpusat, swab antigen di puskesmas, hingga obat-obatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus setelah Nataru.

“Misalkan kasusnya melonjak kita menyiapkan fasilitas tempat isolasi terpusat yang berada di tiga hotel, yakni Hotel Ibis Budget, Ibis Style, dan Citra Inn,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (20/12).

Selain itu, perempuan yang akrab disapa Ikoh ini menuturkan, pihaknya juga akan menyiapkan puskesmas yang bisa melakukan swab antigen dan vaksinasi. Termasuk obat-obatan untuk penanggulangan Covid-19.

Tentunya, pihaknya juga akan meningkatkan tracking, vaksinasi. Terpenting, Masrikoh memintah seluruh masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kita sudah berhitung, insya allah cukup sampai awal tahun. Nanti kita lihat dari pergerakan kasusnya. Untuk sekarang kasus aktif ada 19,” tuturnya.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Akhmad Marjuki mengimbau, agar masyarakat tidak keluar daerah saat Nataru sehingga lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi lagi. Mengingat pandemi Covid-19 masih terus merebak di Kabupaten Bekasi.

“Saya mohon kepada seluruh warga Kabupaten Bekasi, pandemi ini masih belum berakhir, saya mohon untuk tetap menjaga prokes. Apalagi nanti menjelang Nataru, kalau bisa jangan keluar deh, kan disini juga tempat wisata tidak kalah dengan daerah lain,” katanya.

 Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan, saat Nataru akan ada beberapa titik posko untuk melakukan testing. Namun demikian, dirinya belum bisa memastikan penyebaran titik posko tersebut.

“Jadi dengan pihak Polres kita lagi menyiapkan beberapa titik, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti di Pantura, Tol (rest area), kita akan testing secara acak. Mungkin, beberapa hari ini akan ketahuan titiknya dimana saja,” pungkasnya. (pra)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin