Pelantikan Sekda Tunggu Keputusan Kemendagri

KANTOR PEMKAB: Sejumlah pengendara melintas di depan Kantor Pemkab Bekasi Desa Sukamahi Cikarang Pusat, Senin (26/7). Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melantik calon Sekretaris Daerah (Sekda).

Sebagaimana diketahui, sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Akhmad Marjuki telah mengusulkan satu nama calon Sekda Kabupaten Bekasi yang bakal menggantikan Herman Hanapi yang saat ini menjabat sebagai Penugasan Jabatan Sekda.


“Tunggu dari Kemendagri ya,” kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Akhmad Marjuki, Selasa (21/12).

Ia menyampaikan, saat ini masih diproses untuk menentukan pelantikan tunggu rekomendasi dari Kemendagri. Marjuki tidak berbicara banyak. ”Belum ya belum,”singkatnya.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Pemkab Bekasi. Surat berisikan calon tunggal Sekda Kabupaten Bekasi.

Ia pun mengaku, nama yang diajukan itu merupakan salah satu dari tiga nama yang lolos seleksi calon Sekda yang kala itu ia lakukan. Diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Carwinda, Kepala Bappeda Dedi Supriadi dan Kepala DPMPTSP Sutia Resmulyawan.

“Sedang diproses, Insya allah hari ini atau besok dikirim ke Kemendagri, suratnya sudah masuk karena sudah secara otomatis pakai aplikasi. Saya sudah TTE (Tanda Tangan Elektronik) untuk dikirim ke Kemendagri, usulannya memang satu dari bupati,” jelasnya. 

Meski begitu, ia enggan menyebut nama yang diusulkan Pemkab Bekasi untuk menjadi calon tunggal Sekda Kabupaten Bekasi. Pihaknya mengaku hanya meneruskan usulan yang ada ke Kemendagri.

“Usulan satu nama, soal namanya tanyakan saja ke Bupati karena saya tidak mau mendahului keputusan Kemendagri, saya hanya menandatangani sesuai usulan,” ungkapnya.

Yerry menyebut, jika nantinya Kemendagri sudah menyetujui usulan yang diajukan Pemkab Bekasi, maka tidak lama lagi Kabupaten Bekasi akan memiliki Sekda definitif.

“Kalau hasilnya sudah keluar dari Mendagri maka langsung dikirim ke bupati, nanti bupati bikin surat ke Kemendagri untuk permintaan pelantikan,” pungkasnya. (and)