Penumpang Bus AKAP Meningkat 30 Persen

ILUSTRASI: Penumpang mencari bus di terminal Induk Bekasi, Senin (13/12). Pemerintah Kota Bekasi akan menyiapkan beberapa titik pos penyekatan saat libur Natal dan Tahun Baru. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG BARAT – Menjelang tahun baru 2022, jumlah penumpang di Terminal Cikarang, Kabupaten Bekasi, mengalami lonjakan sekitar 30 persen.

Lonjakan itu terjadi pada penumpang Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menuju ke Jawa Tengah. Diprediksi, lonjakan penumpang ini akan terus terjadi sampai tanggal 31 Desember 2021 mendatang.


Kepala Terminal Cikarang, Dayan mengakui adanya peningkatan pada penumpang bus AKAP menjelang tahun baru 2022. Menurutnya, peningkatan ini kurang lebih 30 persen dari hari biasa. Sebelumnya, penumpang bus AKAP per harinya kisaran 150. Namun untuk sekarang, rata-rata penumpang bus AKAP mencapai 200 per harinya.

“Peningkatan penumpang untuk bus AKAP sekitar 30 persen itu, tujuan Jawa Tengah, Purwokerto, Jogja, dan beberapa daerah lainnya,” terang Dayan kepada Radar Bekasi, Selasa (28/12).


Ia juga memprediksi, jumlah penumpang bus AKAP akan terus bertambah saat mendekati tahun baru 2022. Pasalnya, dalam dua hari belakangan ini, jumlah penumpang terus meningkat, dari 17 persen, sekarang naik menjadi 30 persen.

“Kalau dilihat dari dua hari ke belakang, peningkatannya bertahap. Ada kemungkinan, jumlah penumpang bus AKAP bisa meningkat hingga 40 persen,” bebernya.

Dengan adanya peningkatan ini, lanjut Dayan, jumlah bus AKAP harus ditambah dari sebelumnya, dua kendaraan, sekarang ditambah menjadi empat. Hanya saja, untuk penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), tidak ada kenaikan.

“Untuk penumpang AKDP masih normal-normal saja, yakni di angka 120-130 orang setiap harinya,” ucap Dayan. (pra)