Pos Pelayanan Tetap Standby Malam Tahun Baru

PERIKSA KESEHATAN: Seorang warga melakukan pemeriksaan kesehatan, di posko penyekatan, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis (30/12). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Pos pelayanan yang disiapkan di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang, yakni Kedungwaringin, akan difungsikan untuk melayani masyarakat hingga malam pergantian tahun baru.

“Keberadaan pos pelayanan ini, bisa dimanfaatkan pengendara yang hendak bepergian ke luar daerah mengecek kesehatan, swab test dan vaksinasi,” ujar Kabag Ops Polres Metro Bekasi, Kompol Alin Kuncoro kepada Radar Bekasi, Kamis (30/12).


Ia menjelaskan, untuk personil yang berjaga di pos pelayanan ini, tidak dilakukan penambahan saat malam pergantian tahun baru. Hanya saja, untuk personil yang tidak terlibat pada kegiatan kesehatan, akan diberdayakan untuk melakukan patroli ke tempat-tempat kerumunan.

“Jumlah personil tidak akan ada penambahan. Namun, jika ada kelebihan tenaga, maka dikerahkan untuk patroli ke titik-titik kerumunan,” terang Alin.


Sementara itu, Kasubnit Turjawali Sat Lantas Polres Metro Bekasi, Ipda Kambon menyampaikan, pemeriksaaan di pos pelayanan ini, dilakukan bagi seluruh penumpang kendaraan yang melintas di jalur pantura arah keluar wilayah Kabupaten Bekasi.

Bagi pengendara yang melintas, wajib sudah divaksin, dibuktikan dengan melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi, termasuk sopir dan awak bus wajib menjalani tes swab antigen.

“Kami melakukan pemeriksaan terhadap penumpang, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, termasuk roda dua. Mereka diperiksa, apakah sudah divaksin, dan melakukan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi,” ucap Kambon.

Ia menambahkan, bagi para penumpang yang belum divaksinasi Covid-19, akan divaksin di tempat yang sudah disediakan. Kemudian, bagi para awak bus, wajib menjalani tes swab antigen dan pemeriksaan, dilakukan secara acak.

“Saat ini, sudah ada ratusan orang pengguna kendaraan, yang dilakukan tes swab maupun vaksin, di pos pelayanan Kedungwaringin,” tandasnya. (pra)