Cikarang

102 Paket Mulai Dilelang

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Sejumlah rencana pembangunan infrastruktur sudah memasuki proses lelang pada awal tahun ini. Diantaranya bangunan gedung sekolah SD dan SMP, pasar agrobisnis dan beberapa puskesmas.

“Alhamdulillah sudah siap dilelang, berkas juga sudah mulai dalam persiapan. Total ada 102 paket sudah masuk, siap lelang,” kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Pemkab Bekasi Iman Nugraha, Minggu (2/1).

Iman memprediksi apabila proses lelang bisa berjalan dengan lancar tidak ada kegagalan lelang, realisasi bisa berjalan pelaksanaan fisiknya pada akhir Februari.

“Jadi bisa segera dimulai pada triwulan awal tahun ini. Jadi realisasi fisik bisa dimulai paling lambat banget Maret – April. Ini bisa lebih cepat yang biasanya 2021 lelang baru masuk Juni,” ucapnya.

Kondisi tersebut adanya keterlambatan lelang, kata Iman karena persoalan tiap tahun itu biasanya karena proses pada menunggu dokumen pelaksanaan anggaran (DPA), kemudian dari kesiapan dinas dan perencanaan.

“Sekarang dinas sudah paham regulasi bahwa lelang bisa dilakukan sebelumnya. Kami harapkan pada saat APBD Perubahan itu semua fisik sudah selesai. Jadi kegiatan di APBD murni sudah selesai dan penyerapan bisa cepat bersamaan dengan realisasi pekerjaan infrastrukturnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Kholik Qodratullah menuturkan, percepatan pembangunan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana. Menurutnya, adanya kegagalan APBD Perubahan pada 2021 harus menjadi evaluasi mendalam. Sehingga hal itu tidak terjadi lagi di tahun selanjutnya.

“Persoalan pembangunan fisik di akhir tahun sudah menjadi kebudayaan kurang baik yang selalu dilaksanakan. Oleh sebab itu pada tahun ini adanya percepatan pembangunan yang nyata perlu semangat kerja bagi seluruh ASN serta para pemangku jabatan di Pemkab Bekasi,” tuturnya.(and)

Related Articles

Error, no group ID set! Check your syntax!
Back to top button