11 Kecamatan Dilanda Banjir

DUDUK DI BALAI: Warga Perumahan Puri Nirwana Residence, Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Gazya yang menderita stroke dan tidak bisa berjalan, duduk di balai saat menunggu bantuan evakuasi, setelah kediamannya terendam banjir sampai sepaha orang dewasa, Rabu (19/1). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, KARANG BAHAGIA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bekasi, dalam dua hari belakangan, mengakibatkan 11 kecamatan dilanda banjir.

Adapun 11 kecamatan tersebut yakni, Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Muaragembong, Sukakarya, Tambun Utara, Karang Bahagia, Cikarang Utara, Cikarang Barat, Cikarang Timur, dan Cabang Bungin.


Warga Perumahan Puri Nirwana Residence, Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Gazya, harus menunggu lama untuk mendapat bantuan evakuasi, setelah kediamannya terendam banjir sampai sepaha orang dewasa. Pasalnya, Gazya menderita stroke dan tidak bisa berjalan.

“Menunggu dijemput menggunakan perahu karet atau mobil saja lebih dari setengah jam. Sebab, kaki saya sakit, nggak bisa jalan untuk mengungsi ke rumah anak,” ucap Gazya, sambil duduk di atas bale, Rabu (19/1).


Kata dia, banjir di tempatnya sudah sering terjadi, tapi memang paling parah sekarang, sampai sepaha orang dewasa. Dirinya berharap, agar ada perbaikan saluran air, supaya tidak banjir seperti ini lagi. Walaupun sebenarnya, pembuangan air memang sudah ada, tapi belum maksimal, jadi air lama surutnya.

Sementara itu, Camat Karang Bahagia, Karnadi menyampaikan, dari hasil pemantauan di Perumahan Puri Nirwana Residence (PNR) yang terkena banjir, air sudah mulai surut, kurang lebih 20 Cm dari sebelumnya, antara 80-90 Cm, karena banjirnya tidak merata. Untuk warga yang terdampak, diperkirakan ada dua ribu rumah di PNR.

“Kami memperkirakan, warga yang terdampak banjir ada dua ribu rumah di PNR. Untuk sementara, ada beberapa titik yang dijadikan tempat pengungsian, seperti Masjid, dan beberapa fasilitas lainnya. Ini disebabkan curah hujan tinggi, terlebih karena ada dari luapan Kali Ulu,” terang Karnadi. (pra)