Berita Bekasi Nomor Satu

LP2B Tak Masuk Propemperda

GARAP SAWAH: Seorang petani sedang membajak sawah garapannya, di Sukaringin, Kabupaten Bekasi, Rabu (19/1). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG PUSAT – Rancangan Pembentukan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B),tidak masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) pada rencana kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bekasi, tahun 2022.

Sebagaimana diketahui, Propemperda tahun 2022, sebanyak 29, dan yang masuk dalam pembahasan, terdiri dari tentang desa wisata, penyelenggaraan pesantren, dan batas desa.

Tidak masuknya LP2B dalam Porpemda, diharapkan bisa menjadi prioritas pada pertengahan tahun ini.

”LP2B harus masuk Propemperda tahun ini. Sebab, jangan sampai lahan pertanian habis. Kami memiliki semangat kebatinan yang sama. Yakni, antara visa daerah, legislatif, eksekutif, dan masyarakat,” ujar Wakil Ketua Pertanian Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kabupaten Bekasi, Nasep Iskandar.

Menurut dia, dengan adanya Perda LP2B, menjadi jelas, sejumlah lahan yang dipermanenkan sebagai lahan basah atau pertanian. Sehingga, dapat dijadikan destinasi wisata, dengan penataan serta didukungnya akses jalan dan penganggarannya.

“Jadi harus dituntaskan, supaya ada Perda LP2B. Kami tidak mau menunggu lahan untuk pertanian berubah zona sebagai lahan komersial. Oleh sebab itu, perlu cepat penyelesaian dan pengkajiannya,” saran Nasep.

Sebagai bentuk nyata peduli akan lahan hijau di Kabupaten Bekasi, pihaknya sudah menanam kurang lebih sembilan ribu pohon berbagai jenis.

”Rencananya, ada 2.500 lagi akan kami tanami pohon di pinggir Kali Ciherang, dari titik nol. Rencana penanaman pohon ini, diharapkan dapat memancarkan keindahan. Sebab, pohon yang ditanam berbunga,” terang Nasep.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nayu Kulsum mengungkapkan, pihaknya masih melakukan pengkajian.

“LP2B memang perlu direalisasikan. Saat ini, masih dalam pengkajian dan pembahasan,” ucapnya. (and)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin