Keberadaan Sampah Liar jadi Perhatian Danrem

CIKARANG PUSAT – Sepanjang tujuh kilometer, sampah liar berada di bantaran Sungai Cikarang Bekasi Laut (CBL), Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Keberadaan sampah liar tersebut, mendapat perhatian Komandan Korem 051 Wijayakarta, untuk segera ditutup, karena merusak estetika kota.


“Memang keberadaan sampah liar itu, menjadi perhatian langsung dari Pak Komandan Korem. Bahkan, beliau langsung turun ke lapangan untuk melihat,” ujar Kepala UPTD Kebersihan Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Sumardi, Minggu (23/1).

Kata dia, sampah liar tersebut dikelola oleh oknum masyarakat. Pihaknya juga sudah melakukan penertiban beberapa kali, hanya saja tidak digubris.


“Memang, kami (Pemerintah Daerah) butuh dukungan. Pasalnya, sampah liar ini sudah ada sejak tahun 2004, dan telah menggunung pula,” beber Sumardi.

Ia berharap, adanya perhatian dari Danrem yang turun langsung, hari ini (kemarin, Red), pihak dari Kementerian PUPR dan BBWS, juga harus turun untuk melihat kondisi gunungan sampah liar tersebut.

“Dengan semangat bersama, serta dukungan dari TNI dan unsur pemerintah pusat, penertiban sampah liar bisa terealisasi,” ungkapnya.

Sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, rencananya besok (hari ini, Red), Plt Bupati Bekasi beserta unsur Forkopimda dan Korem 051 Wijayakarta, berencana turun bersama melakukan penyegelan atau penutupan tempat pengelolaan sampah liar tersebut.

“Rencananya, besok (hari ini, Red), Pak Bupati bersama unsur Forkopimda, akan turun bersama melakukan penutupan,” terang Sumardi. (and)