Street Race Bekasi Direncanakan Februari

LAKUKAN ATRAKSI: Sejumlah komunitas motor melakukan atraksi di Central Park Meikarta, Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, CIKARANG UTARA – Polres Metro Bekasi, memperkirakan penyelenggaraan Street Race di lintasan Central Park Meikarta, akan berlangsung pada akhir bulan Februari 2022 mendatang, setelah Bekasi Kota dan Tangerang Selatan.

Pasalnya, harus membutuhkan waktu untuk merencanakan event besar tersebut, walaupun sudah menjalin komunikasi dengan 14 komunitas motor.


Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengungkapkan, penyelenggaraan Street Race pasti akan dilaksanakan, karena hasil tinjauan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, lokasi lintasan Central Park Meikarta, sudah layak. Hanya saja, untuk sekarang, ia mengaku waktunya belum ditentukan.

“Kami akan tetap melaksanakan Street Race, tapi waktunya belum bisa ditentukan, karena even ini akan lebih besar, jadi kami butuh waktu untuk merencanakan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (21/1) lalu.


Dia berharap, penyelenggaraan Streetrace ini bisa dilakukan safari, setelah dari Jakarta, Bekasi Kota, Tanggerang Selatan, dan terakhir di Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, ini memang perlu dilakukan, mengingat animo para pelaku balap liar (bali) yang tinggi. Ia memperkirakan, penyelenggaraan Street Race bisa berlangsung di bulan Februari 2022.

Pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan 14 komunitas balap liar di Kabupaten Bekasi. Setelah adanya Street Race ini, diharapkan tidak ada balapan liar lagi.

“Harapannya, ini menjadi imitasi, atau cara mengalihkan persoalan sosial, balap liar ditransformasi menjadi balap yang tertib. Pola-pola ini juga bisa dilakukan untuk merubah struktur sosial yang lain,” bebernya.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, meninjau lintasan Central Park Meikarta, yang akan digunakan sebagai tempat Street Race, di Kabupaten Bekasi, Kamis (20/1).

Peninjauan tersebut dilakukan guna memastikan kelayakan lintasan yang ada di Central Park Meikarta, sebelum dijadikan lokasi penyelenggaraan Street Race di Kabupaten Bekasi. (pra)