Berita Bekasi Nomor Satu

Seleksi KOSN 2022 Bertahap

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMKN 1 Cikarang Selatan saat mengikuti ekstrakurikuler futsal putri. Seleksi KOSN 2022 dapat dilaksanakan secara bertahap oleh satuan pendidikan. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI -Seleksi kompetisi olahraga siswa nasional (KOSN) 2022 dapat dilaksanakan secara bertahap oleh satuan pendidikan. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, tentunya harus menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah III Asep Sudarsono menjelaskan, berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri bahwa seleksi KOSN tingkat kota/kabupaten dapat dilakukan secara terbatas.

“Beberapa kegiatan dapat dilakukan, namun dengan catatan prokes dan tentunya dilakukan secara terbatas,” ujarnya saat dihubungi Radar Bekasi, Kamis (3/3).

Menurut Asep, pihaknya sebenarnya dapat menunjuk perwakilan peserta untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Namun urung dilakukan karena khawatir tidak akan berjalan maksimal.

“Dari KCD sebenarnya bisa saja nunjuk masing-masing perwakilan kota dan kabupaten. Tapi kalo olahraga itu tanpa adanya seleksi terlebih dahulu terasa kurang saja dan takutnya tidak maksimal saat seleksi tingkat provinsinya,” tuturnya.

Dikatakan, seleksi cabang olahraga dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan keputusan dari masing-masing musyawarah guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK).

“Yang terpenting dilakukan secara bertahap, mau perorangan dulu atau mau beregu dulu yang diseleksi. Jangan sampai menimbulkan kerumunan,” terangnya.

Sementara Ketua MGMP SMK Kabupaten Bekasi Mansur menyampaikan, pada Maret ini seleksi tingkat beregu akan digelar untuk tingkat SMK. “Kami memutuskan untuk tingkat beregu dulu yang kami seleksi agar persiapannya lebih matang untuk tingkat provinsinya,” jelasnya.

Pada pelaksanaan KOSN tingkat provinsi, cabang olahraga yang akan diseleksi untuk kategori beregu meliputi futsal putra dan putri, basket putra dan putri, serta bola voli putra dan putri.

Sementara untuk perorangan, meliputi badminton putra dan putri, karate putra dan putri kategori kata, silat putra dan putri kategori seni, atletik putra dan putri kategori pancalomba dan renang putra dan putri.

Untuk kategori beregu dengan jumlah masing-masing tim yang diseleksi yaitu futsal putra 32 tim dan putri 14 tim, basket putra 12 tim dan putri 8 tim, voli putra 10 tim dan putri 8 tim.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Disbudpora sebagai pengelola GOR Tambun Bekasi dan GOR Grand Wisata. Koordinasi juga dengan pengelola UPTD sebagai penanggung jawab penggunaan GOR serta MKKS dan guru PJOK tingkat SMK di Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Sementara untuk seleksi kategori perorangan, rencananya akan dilakukan pada Mei setelah Ramadan. Menurutnya seleksi perorangan akan lebih cepat dibandingkan beregu.

“Kalo regu agak lama prosesnya, kalo perorangan lebih mudah. Jadi kami bertahap ambil yang susah dulu baru disambut sama seleksi yang perorangan,” jelasnya. Jika tidak ada pengunduran jadwal seleksi, KOSN tingkat provinsi akan dilakukan pada Juni sampai Agustus 2022. “Ini jadwal sementara jika tidak ada pengunduran jadwal, yang terpenting kami sudah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari agar persiapannya lebih matang,” pungkasnya. (dew)