Sentra Oleh-oleh, Dorong Perkembangan UMKM

PILIH PRODUK: Warga memilih produk makanan khas Kabupaten Bekasi, di pusat oleh-oleh asli Kabupaten Bekasi, di Ruko Lodium Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Senin (7/3). ARIESANT/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id, Bekasi – Dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemilik Toko Poksi 22, Uun Marfuah, berinisiatif membuka oleh-oleh khas Kabupaten Bekasi.

Tujuannya, agar masyarakat bisa lebih mudah untuk mencari oleh-oleh khas daerah, yang terletak di Ruko Plaza Iodium, Blok C3, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.


Diceritakan Uun, sentra oleh-oleh khas Kabupaten Bekasi ini, terbentuk saat ia bersama suaminya, Obon Tabroni, menerima aspirasi dari 10 orang perwakilan Poksi UMKM Kabupaten Bekasi.

“Jadi, awalnya 10 orang ini datang ke rumah dan bercerita mengenai keluhan para pengusaha UMKM,” kata Uun, Senin (7/12).


Ia menjelaskan, bahwa selama ini, para pengusaha UMKM kerap memproduksi barang tanpa ada kejelasan akan dijual kemana dari pemerintah daerah.

Oleh sebab itu, mereka mengharapkan agar difasilitasi oleh Obon yang notabene merupakan anggota DPR RI.

“Kemudian, aspirasi tersebut disambut baik Pak Obon, dan menyarankan untuk mencari tempatnya saja. Nanti produknya bisa ditaruh di sini,” ucapnya.

Proses perencanaan dan diskusi selesai pada tanggal 22 Februari 2022 lalu. Uun akhirnya memilih Poksi 22, sebagai nama untuk sentra oleh-oleh khas Kabupaten Bekasi tersebut.

Hingga kini, ratusan produk UMKM, mulai dari makanan dan kerajinan tangan asli Kabupaten Bekasi, diperjualbelikan di Sentra Poksi 22.

“Sekarang, ada 168 produk makanan dan minuman, termasuk produk ekonomi kreatifnya lebih dari 200,” terang Uun.

Ia menyampaikan, setiap pelaku UMKM, baik yang tergabung dalam Poksi maupun tidak, bisa menaruh produknya di Poksi 22 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Silahkan bagi pelaku UMKM yang mau menaruh produknya di sini. Syaratnya cuma dua, yakni sudah harus memiliki izin Pelaku Usaha dan Industri Rumah Tangga, serta label halal,” beber Uun. (and)