LG Perkenalkan TONE Free FP8 dan FP5

COBAIN TWS: Seorang model sedang mencoba produk True Wireless Speaker (TWS) yang baru diperkenalakan oleh LG Electronics Indonesia. DOK.LG/RADARBEKASI.ID

RADARBEKASI.ID, JAKARTA – PT LG Electronics Indonesia (LG) semakin serius dalam merambah pasar produk True Wireless Speaker (TWS), dengan terus memperluas seri LG TONE Free.

Terbaru, perusahaan berbasis di Korea Selatan ini, memperkenalkan varian baru LGTONE Free, sebagai seri TWS miliknya, yaitu LG TONE Free FP8 dan FP5.


Dengan LG TONE Free ini, pengalaman audio pengguna lebih baik saat menikmati musik maupun melakukan panggilan, yang berpadu dengan masa aktif pakai lebih panjang, dan didukung tata suara Meridian.

“Sebagai perangkat sandang audio yang benar-benar nirkabel, keseimbangan suara sekaligus kejernihan dalam menerima panggilan, menjadi tantangan utama TONE Free. Seri terbaru ini hadir sebagai buah inovasi kami yang menjawab tantangan, sekaligus menghadirkan pengalaman lebih besar terkait dengan panjang masa pakai dan kebersihannya,” ujar Head Product Marketing of Home Entertainment LG Electronics Indonesia, Verina Widya, dalam keterangan tertulis yang diterima radarbekasi.id, Kamis (17/3).


Ia menjelaskan, sebagai seri TWS, LG TONE Free dikenal melalui kualitas audio dengan tata suara Meridian. Menjadi merek bagi berbagai perangkat audio premium, Meridian membangun reputasinya di dunia sebagai pionir bagi audio resolusi tinggi sekaligus lewat keahliannya dalam Digital Signal Processing.

Pada LG TONE Free, teknologi Meridian bertajuk Headphone Spatial Processing, mengubah kualitas suara menjadi terdengar lebih alami, seolah pengguna TONE Free mendengarkannya langsung melalui dua perangkat speaker yang ada di depannya.

Sementara sebagai sebuah pembaruan, LG TONE Free seri FP5 dan FP8, dibuat dengan desain baru yang terlihat lebih melebar pada bagian luar lubang telinga. Keunikan desain ini, membuat pemakaian lebih nyaman melalui pengalaman saat menempel di telinga.

Namun demikian, bukan itu saja hal yang membuat LG memberikan desain baru bagi LG TONE Free seri tahun 2022 ini. Dibalik desainnya, LG menanamkan tiga buah microphone yang masing-masing memiliki tugas tersendiri untuk pengalaman penggunaan lebih baik.

Mikropon pertama yang berada pada bulatan, dan menjadi bagian luar misalnya, berfungsi memantau tingkat kebisingan suara sekitar, untuk kemudian mereduksinya, sehingga tak mengganggu pengalaman dengar.

Disisi lain, mikropon pada bulatan yang masuk dalam lubang telinga, memastikan suara diterima pengguna dengan jelas. Sementara tugas untuk menerima suara penggunanya menjadi tanggung jawab mikropon, yang berada pada bagian batang kedua TONE Free ini ini.

“Sistem yang bertumpu pada kerja kolaborasi tiga mikropon ini, membuat pengguna dapat menerima panggilan dengan jernih, dalam situasi lingkungan apapun,” terang Verina.

Lebih lanjut ia menyatakan, kerja salahsatu mikropon yang secara khusus bertugas memantau dan mereduksi gangguan suara dari luar, sekaligus menjadi tumpuan performa Active Noise Cancellation (ANC) lebih baik pada kedua TONE Free baru LG ini.

Sementara untuk lebih melengkapi performa kinerja ANC dalam memberikan pengalaman audio lebih baik tanpa gangguan kebisingan sekitar, LG menggunakan driver lebih besar dengan diafragma yang didesain khusus dari paduan lapisan logam pada bagian tengah dan silikon mengelilinginya.

Saat lapisan logam untuk menangani warna suara frekuensi tinggi, dan menengah, silikon pada tepiannya memberikan performa warna bass lebih kuat.

Tak hanya itu, upaya LG dalam menghadirkan pengalaman audio lebih baik, melalui kedua seri terbaru LG TONE Free ini, juga dapat dilihat melalui fitur 3D Sound Stage. Dikembangkan dari teknologi tata suara spatial sebelumnya, fitur ini meningkatkan kuat nada dengan tetap menjaga keseimbangannya untuk memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih imersif.

Meskipun terlihat upaya kerasnya dalam memberikan pengalaman audio lebih baik, LG memberikan fitur unik untuk membuat pilihan bagi penggunanya tetap terhubung dengan lingkungan sekitarnya. Hadir melalui dua mode, Ambient Mode dan Chat Mode, keduanya memungkinkan pengguna tetap dapat mendengarkan suara di sekitar dengan baik meski sedang menggunakan perangkat LG TONE Free seri FP5 atau FP8.

Ditambahkan Verina, untuk mengaktifkannya, cukup dengan menekan tombol khusus, pilihan Ambient Mode memungkinkan pengguna mendengarkan suara di sekitar yang sangat berguna pada situasi tertentu, seperti ketika sedang berjalan menyeberang sebuah perlintasan.

Sementara pilihan Chat Mode, membuat pengguna TONE Free LG ini, dapat mendengarkan suara orang yang berbicara langsung padanya dengan jelas tanpa mesti melepaskan perangkat ini terlebih dahulu.

Kenyamanan penggunaan dari kedua TONE Free yang mengantongi sertifikat IPX4 ini, juga hadir dalam masa pakai yang lebih panjang. Bila seri FP5 dapat digunakan sepanjang delapan jam dari kondisi daya penuh, seri FP8 penggunaannya dapat mencapai 10 jam.

Keduanya hadir lengkap dengan wadah khusus bagi pengisian daya. Sebagai tambahannya, seri FP8 memiliki kelengkapan UVNano dalam wadahnya. Hal ini membuat perangkat akan memperoleh penyinaran jenis ultra violet untuk mengeliminasi kemungkinan melekatnya bakteri maupun partikel berbahaya bagi kesehatan lainnya pada perangkat.

Bicara mengenai pilihan warna, LG memberikan dua varian warna bagi kedua perangkat ini, yaitu: warna hitam dan putih.

Dengan pengumuman kehadiran kedua seri terbaru LG TONE Free ini, Verina menyatakan, keduanya bakal tersedia lebih luas di pasar Indonesia mulai pekan depan.

Bagi peminat, LG memberikan keluasan opsi untuk mendapatkannya melalui kunjungan pada toko elektronik di sekitar tempat tinggal, maupun melalui platform pemasaran daring yang terkenal di Indonesia. (bis)