Optimalkan Pelayanan, PDAM TB Targetkan 50 Ribu Pelanggan Baru

CEK POMPA : Pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, melakukan pengecekan pompa distribusi untuk ke rumah-rumah pelanggan, di Kantor Cabang Pembantu Tegal Danas, Kabupaten Bekasi, Rabu (27/4). IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi (PDAM TB) Bekasi, berupaya memaksimalkan instalasi sambungan bagi pelanggan, yang menargetkan 50 ribu rumah warga teraliri air bersih pada tahun ini.

“Berdasarkan hasil rapat bersama Pemerintah Daerah (Pemda), kami sudah sepakat tahun 2022 ini, pelayanan harus lebih ditingkatkan melalui penambahan pelanggan minimal 50 ribu sambungan langsung,” kata Direktur Utama PDAM TB, Usep Rahman Salim.


Menurutnya, dengan menambah 50 ribu pelanggan baru tahun ini, maka target utama PDAM TB untuk melayani 70 persen warga di wilayah Kabupaten Bekasi, bisa tercapai pada tahun 2023 mendatang.

“Pelaksana lapangan di tingkat cabang dan cabang pembantu, diharapkan mampu merealisasikan itu. Dengan demikian, cakupan pelayanan air bersih bagi masyarakat yang ditargetkan 2023 sebesar 70 persen, bisa tercapai,” harapannya.


Usep menjelaskan, saat ini perusahaan memiliki kelebihan 700 liter per detik, dari total kapasitas produksi yang menjadi potensi luar biasa, sehingga harus dapat dimaksimalkan.

“Kami telah mengerahkan seluruh kemampuan pegawai di lapangan, dalam rangka meningkatkan pelayanan. Semua pegawai, mulai dari direksi hingga tenaga di lapangan, bekerja untuk memaksimalkan potensi yang ada,” terang Usep.

Dirinya optimistis, PDAM TB akan mampu meningkatkan kembali laba perusahaan yang telah diraih tahun lalu, seiring peningkatan jumlah pelanggan baru tersebut.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021 lalu, laba PDAM TB Bekasi tembus Rp 35 miliar. Dari hasil itu, 55 persen diberikan kepada pemilik modal, yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, dan 45 persen sisanya untuk kebutuhan perusahaan.

“45 persen laba tahun lalu, kami alokasikan untuk pengembangan usaha, gaji pegawai, dana sosial, dana pendidikan, dan dana cadangan. Tahun ini, kami targetkan minimal peningkatan keuntungan bertambah 20 persen dari tahun 2021,” ucapnya.

Usep mengaku, sepanjang tahun 2021, perusahaan berhasil menambah jumlah produksi air bersih menjadi 3.846 liter per detik, dengan pembangunan instalasi pengolahan air baru, kerja sama dengan badan usaha swasta, serta pembelian air curah.

“Saat ini, total pelanggan PDAM TB telah mencapai 300 ribu lebih sambungan langsung, serta akan terus ditingkatkan sesuai rencana kerja dan target tahun ini, yakni minimal 50 ribu sambungan baru,” tandas Usep. (and/adv)