Ikuti Petunjuk Google Maps, Pemotor Hampir Masuk Tol Cikarang

TEGUR PEMOTOR: Petugas pengamanan Tol Cikarang Barat, Iptu Diponesia Hutapea, menegur pengendara sepeda motor yang hendak masuk ke jalan tol Jakarta-Cikampek, di Desa Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis (28/4). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Maraknya kendaraan roda dua (sepeda motor) yang masuk ke jalan tol, karena mengikuti petunjuk dari Google Maps.

Seperti yang dialami warga Desa Telaga Murni, Hasan (20) yang menggunakan aplikasi google maps, ia hampir hampir saja menjadi viral ketika akan masuk tol Jakarta-Cikampek, di Desa Pasirsari, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis (28/4).


“Saat itu saya hendak ke Rumah Sakit Annisa, di wilayah Jababeka. Karena itu tidak tau jalannya, sehingga menggunakan maps. Dan pada saat mendekati gerbang tol Cikarang Barat, tiba-tiba pengendara mobil membuka kaca dan negor-negor saya. Tapi saya abaikan,” tuturnya.

Kata Hasan, begitu saat hendak masuk gerbang tol, ada petugas kepolisian yang mencegat, sekaligus menanyakan hendak kemana?


“Saya memang tidak tahu arah jalan menuju Rumah Sakit Annisa. Jadi, ikuti saja jalan sesuai arahan yang ada di google maps itu,” ujarnya.

Sementara itu, petugas pengamanan Tol Cikarang Barat, Iptu Diponesia Hutapea mengungkapkan, pengendara sepeda motor ini ternyata tidak paham cara penggunaan aplikasi.

”Saya melihat yang bersangkutan (Hasan), menggunakan akses mobil pada aplikasi google maps. Sehingga diarahkan masuk melalui jalan tol, dan ini sudah sering terjadi. Oleh sebab itu, saya menghimbau masyarakat harus paham dalam menggunakan teknologi,” saran Diponesia.

Ia juga menceritakan, beberapa waktu lalu pernah pengendara sepeda motor, anak SMP yang tidak paham menggunakan aplikasi tersebut, masuk jalan tol. Lantaran kaget, langsung putar balik, dan tertabrak mobil, akhirnya meninggal dunia.

“Jadi harus benar-benar dipahami cara menggunakan aplikasi itu. Jika tidak, dampaknya bisa fatal. Sebab dapat mengakibatkan kecelakaan fatal,” tandas Diponesia. (and)