KSB Ajak Masyarakat Lestarikan Seni Budaya

SAMPAIKAN APRESIASI : Ketua KSB Kabupaten Bekasi, Manda Setiawan, menyampaikan apresiasi pada saat kegiatan Lebaran Orang Bekasi, dan Pentas Seni Budaya. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dalam rangka melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Bekasi, Komunitas Seni Budaya (KSB) mengadakan acara Lebaran Orang Bekasi, dan pentas seni budaya di panggung teater Museum Gedung Juang Bekasi.

Perayaan Lebaran Orang Bekasi ini merupakan tradisi masyarakat Bekasi untuk mempererat silaturahmi, terutama untuk kalangan komunitas seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bekasi, agar tidak hilang dimakan waktu.


Hal ini disampaikan Ketua Komunitas Seni Budaya (KSB) Kabupaten Bekasi, Manda Setiawan. Kata dia, kegiatan tersebut selain untuk ajang silaturahmi sekaligus halal bihalal sesama pelaku seni dan budaya, juga untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan serta mengedukasi generasi muda.

“Acara yang diselenggarakan oleh KSB ini, agar semua kalangan komunitas seni dan budaya, dapat mempererat silaturahmi serta tukar gagasan, yang Insya Allah bakal diadakan setiap tahun,” kata Manda.


Menurutnya, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan seni dan budaya Bekasi kepada masyarakat, khususnya untuk anak-anak dan generasi penerus bangsa.

“Kami berharap, generasi muda di Kabupaten Bekasi, dapat mengenal seni budaya peninggalan para leluhur yang harus tetap dijaga dan dilestarikan,” ucapnya.

Lanjut Manda, pada acara Lebaran Orang Bekasi ini, menampilkan seni dan budaya seperti, tari, pencak silat dan hiburan Topeng Bekasi. Selain itu, panitia juga membuka stand kuliner berupa makanan tradisional yang mempunyai ciri khas Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah, acara ini dapat berjalan dengan sukses, berkat kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi, melalui Ballad Bekasi dan Forum Seni dan Budaya Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Disampaikan Manda, ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, terus mendukung kegiatan seni dan budaya Bekasi, sehingga bisa dilestarikan, maju dan terus berkembang.

Sekadar diketahui, acara Lebaran Orang Bekasi dihadiri para komunitas seni dan budaya yang berada di Kabupaten Bekasi, organisasi masyarakat dan Muspika Kecamatan Tambun Selatan. (and)