1.001 Calon Jamaah Haji Ikuti Bimbingan Manasik Haji

BIMBINGAN HAJI: Para calon jamaah haji mengikuti bimbingan materi, di Masjid Izzatul Islam, Desa Lambangsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (30/5). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Sebanyak 1.001 calon jamaah haji asal Kabupaten Bekasi, mengikuti bimbingan materi dan manasik haji di Masjid Izzatul Islam di Jalan Sunset Avenue, Grand Wisata, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Menurut Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi, Ahmad Sanukri, pihaknya akan mengadakan manasik haji tingkat Kabupaten sebanyak dua kali, dan tingkat kecamatan sebanyak empat kali.


Sedangkan, pada tahun ini, kuota jamaah haji asal Kabupaten Bekasi sebanyak 1.001 orang, dari kuota normal berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat sebanyak 2.174 orang.

“Dari jumlah kuota ada penurunan, dari normal 2.174 jamaah, dan tahun ini menjadi 1.001 jamaah,” ujar Ahmad saat ditemui di lokasi manasik haji, Senin (30/5).


Ia menjelaskan, dari 1.001 jamah yang telah dinyatakan akan berangkat ke Mekah, dibagi menjadi lima kloter. Pertama yang akan diberangkatkan, yaitu kloter sepuluh sebanyak 404 jamaah.

“Berdasarkan jadwal yang kami peroleh dari kantor wilayah Provinsi Jawa Barat, 1.001 jamaah yang akan berangkat dibagi menjadi lima kloter, untuk kloter pertama tanggal 10 Juni 2022, dan akan masuk asrama pada pukul 09:30,” beber Ahmad.

Kata dia, meski keberangkatan jamaah haji sempat tertunda selama dua tahun, karena adanya pandemi Covid 19, namun pada tahun ini, ada tambahan fasilitas bagi para jamaah. Salah satunya adalah fasilitas makan selama di Tanah Suci Mekah.

“Jatah makan para jamaah sekarang itu sudah tiga kali sehari, kalau pada tahun sebelumnya kan hanya dua kali sehari,” terang Ahmad. (pra)