Air Terjun Niagara Mini di Curug Parigi

ILUSTRASI: Warga berkunjung ke wisata Curug Parigi, Bantargebang, Kota Bekasi, belum lama ini. Masih banyak warga berkunjung ke destinasi wisata tanpa memperhatikan protokol kesehatan, karena lemahnya pengawasan. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Curug Parigi adalah salah satu tempat wisata alternatif di Kota Bekasi. Curug ini mirip dengan Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, namun ukurannya yang lebih mini. Curug Parigi terletak di Kampung Parigi Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Letaknya berbatasan dengan Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

Dahulu Curug Parigi dikenal sebagai area bekas tambang pasir yang mana bekas galian tersebut membentuk ketinggian yang berbeda serta membentuk sebuah galian batu yang dilakukan untuk bahan pembangunan Jalan Raya Narogong. Saat itu ada sebuah bukit batu yang tidak bisa dipecahkan. Akhirnya bukit batu tersebut, membentuk rupa seperti curug atau air terjun.


Setelah pembangunan jalan selesai, warga pun melakukan penambangan pasir di bekas bukit batu tersebut. Lama kelamaan area penambangan itu berubah menjadi sebuah cekungan yang kini menjadi sebuah curug yang memiliki ketinggian mencapai 2 meter dengan lebar 20 meter.

Curug berasal dari bahasa sunda artinya air terjun. Sedangkan Parigi berasal dari nama kampung yang ada di kawasan tersebut. Keberadaan Curug Parigi sudah ada sejak dulu, namun mulai ramai dikunjungi pada tahun 1990 dan belum dikelola dengan baik pada saat itu. Pada tahun 2018 mulai terdapat akses jalan yang baik, serta beberapa fasilitas seperti, spot-spot foto, tempat kuliner dan lainnya. Pengunjung yang datang tidak hanya dari Bekasi, tetapi dari kawasan Bogor, Jakarta, hingga Karawang. Jika ingin berkunjung ke curug ini, sebaiknya datang pada saat musim kemarau. Karena debit air terjun ini tergantung musim.


Bisa juga datang pada hari-hari libur saja, atau weekend. Karena akses menuju lokasi air terjun ini dipastikan macet saat hari kerja. Jika hari libur, banyak pedagang di sekitar air terjun ini yang membuka warung jajanan. Jika datang pada pagi hari akan mendapatkan air yang masih fresh, saat cuaca tidak sepanas siang hari. Harga tiket masuk wisata alam Curug Parigi Rp.5.000/orang dengan biaya tambahan retribusi parkir kendaraan Rp3.000/motor dan Rp5.000/mobil. Jika ingin ke Curug Parigi jangan membuang sampah sembarangan.(*)