Pj Bupati Dorong BLK Cetak SDM Siap Kerja

SEPI PENGUNJUNG: Seorang pegawai berada di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK), Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (1/6). Jauhnya lokasi BLK dari pusat pemerintahan, membuat gedung tersebut sepi pengunjung. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, meninjau Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kabupaten Bekasi, yang bertempat di Tambun Utara, belum lama ini.

Saat ini, BLK tersebut sudah mengeluarkan empat angkatan, yang terdiri dari tiga jenis pelatihan, seperti administrasi perkantoran, alat pendingin ruangan, dan otomotif sepeda motor.


“Dari BLK ini sudah ada empat angkatan yang lulus, dua tahun lalu, dua angkatan tahun ini. Kemudian masih ada dua angkatan lagi yang akan kami buka tanggal 15 Juni 2022,” ujar Dani kepada Radar Bekasi.

Menurutnya, peserta yang akan mengikuti pelatihan tanggal 15 Juni 2022 mendatang, sudah siap, hanya tinggal pengadaan makan dan minumnya saja. Untuk pelatihan ada tiga jenis, administrasi perkantoran, alat pendingin ruangan, dan otomotif sepeda motor. Apabila angkatan sebelumnya, semua peserta pelatihan 100 persen telah bekerja.


“Berdasarkan evaluasi dua angkatan sebelumnya yang berjumlah 60 orang, Alhamdulillah sudah bekerja semua, baik di industri maupun wirausaha,” terang Dani.

Menurut Dani, keberadaan BLK ini cukup efektif untuk menyiapkan tenaga kerja. Ia terus mendorong BLK untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) siap kerja, baik dari pelatihan yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melalui Disnaker, maupun kerjasama dengan perusahaan.

“Saya berharap, melalui BLK ini, masyarakat bisa bersaing di industri kerja,” harap Dani. (pra)