Pemkab Bekasi Adakan Lomba Kampung Bersih

SAMPAH BERSERAKAN: Penjabat(Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, masih melihat sampah yang masih berserakan di depan rumah warga, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-77 Republik Indonesia, pada Agustus 2022 mendatang. DOK.HUMAS/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, mengadakan lomba “Kampung Bersih Makin Berani”. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi dan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI), pada Agustus 2022 mendatang.

Lomba tersebut diikuti secara serentak oleh seluruh Rukun Warga (RW) di 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, yang dimulai pada Minggu (3/7).


“Alhamdulillah, kami bisa melakukan kegiatan lomba Kampung Bersih, dengan harapan ada beberapa tujuan yang akan dicapai, diantaranya menyongsong peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi dan HUT RI. Dalam waktu satu bulan ini, kami awali bersih-bersih di semua wilayah, dan peserta lombanya diikuti semua RW di Kabupaten Bekasi,” ujar Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat memimpin apel pagi kick off lomba tersebut, di Kantor Kelurahan Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi .

Dani mengatakan, lomba ini melibatkan tingkat RW dan perumahan, mulai dari perumahan kecil sampai perumahan besar, dengan beberapa kriteria penilaian.


“Lomba ini pesertanya semua RW di Kabupaten Bekasi, termasuk juga perumahan besar dan kecil, semuanya akan dinilai,” terangnya.

Dani menjelaskan, adapun tujuan yang akan dicapai dalam perlombaan ini, adalah ingin melestarikan lingkungan, termasuk membersihkan selokan dan drainase. Selain itu, ingin membangun partisipasi masyarakat agar kondisi kebersihan lingkungan masyarakat meningkat.

“Tujuan daripada kegiatan ini, selain membangun gapura, kami juga ingin membersihkan selokan, drainase di masing-masing perumahan, sekaligus membangun partisipasi masyarakat,” ucap Dani.

Ia menambahkan, kriteria penilaian berdasarkan masing-masing kategori, seperti kebersihan, keindahan, keamanan dan ketentraman.

“Selain kebersihan, ada juga keindahan, keamanan dan ketertiban, bagaimana cara menata pekarangan, bagaimana pos-pos rondanya. Nanti itu kami nilai semuanya,” terang Dani.

Dirinya juga mengapresiasi seluruh kinerja camat, kepala desa, dan masyarakat yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena sangat penting untuk menjaga kualitas kondisi lingkungan.

“Saya mengapresiasi seluruh kinerja yang dilakukan semua pihak. Hadiah juga sudah kami siapkan, dan semata-mata untuk menjaga kualitas kondisi lingkungan masyarakat,” bebernya.

Usai melakukan apel pagi, Dani mengunjungi Perumahan Cikarang Baru, RW 08, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, yang merupakan pemenang juara 1 lomba Jababeka Eco Award.

Dani berpesan, agar masyarakat sekitar bisa menjaga lingkungan yang sudah mendapat penghargaan.

“Saya melihat, bagaimana masyarakat bukan hanya menjadikan kebersihan sebagai ajang lomba, tapi memang sudah menjadi kebiasaan untuk membersihkan lingkungan. Semoga bisa jadi percontohan untuk yang lain.” Harap Dani.

Sekadar diketahui, hasil penilaian lomba Kampung Bersih Makin Berani, akan diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2022, bertepatan dengan perayaan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi. (and/adv)