Muhammadiyah Laksanakan Salat Idul Adha di Sembilan Titik

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ribuan warga Muhammadiyah di Kabupaten Bekasi, akan melaksanakan salat Idul Adha dan waktu penyembelihan hewan qurban, pada 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah atau pada 9 Juli 2022.

Tahun ini, warga Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha di sembilan titik, dan mengalami penambahan dari tahun sebelumnya.


Ketetapan tersebut tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriah, Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H yang ditetapkan pada Sabtu Legi, 9 Juli 2022 M.

Ketua Muhammadiyah Kabupaten Bekasi, Yatman mengatakan, untuk salat Idul Adha pada Sabtu (9/7) besok, ada sembilan titik. Seperti di PDM Kabupaten Bekasi 1, lapangan ruko permata Metland Tambun, PCM Cikarang Raya Lapangan Fasos Rw 10 Jalan Kasuari, Cikarang Baru, PCM Tambun Utara, PCM Setu, PCM Cibitung, PDM Kabupaten Bekasi 2, PRM Grand Wisata, PCM Karang Bahagia, dan SD Muhammadiyah 01 Setu.


“Bagi warga Muhammadiyah, mari sama-sama melaksanakan salat Idul Adha dan menyembelih hewan qurban sesuai dengan instruksi PP Muhammadiyah,” ujar Yatman kepada Radar Bekasi, Kamis (7/7/2022).

Kata Yatman, warga Muhammadiyah di Kabupaten Bekasi ini mencapai ribuan, karena memiliki 18 kantor cabang, dan ada sekitar 50 ranting.

“Sesuai dengan hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 1443 H pada hari Sabtu 9 Juli 2022 M,” bebernya.

Ia menghimbau kepada pemerintah agar memberikan kebebasan dan jaminan pelaksanaan ibadah bagi umat Islam yang melaksanakan salat Idul Adha berbeda dengan waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada sidang isbat.

“Salat Idul Adha merupakan bagian dari ibadah mahdhah yang dilaksanakan sesuai dengan keyakinan yang dijamin oleh UUD 1945,” terang Yatman.

Lanjut Yatman, pihaknya akan melaksanakan salat Idul Adha di lapangan jika cuaca cerah. Namun jika cuaca tidak mendukung atau hujan, salat akan dilakukan di masjid.

“Salat Idul Adha dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (pra)