Wajib Menang

SELEBRASI : Ronaldo Kwateh melakukan selebrasi dengan Hokky Caraka Bintang Briliant usai mencetak gol ke gawang Brunei Darusalam saat laga penyisihan Grup A di Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi laga krusial melawan Filipina dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF U-19 20222 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/).

Pertandingan melawna Filipina akan menjadi laga penuh harapan untuk timnas U-19 Indonesia agar bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.Laga ini menjadi penting karena timnas U-19 Indonesia sebelumnya hanya meraih hasil imbang 0-0 dari Thailand pada Rabu (6/7/2022).


Hasil itu membuat skuad Garuda Nusantara masih harus berjuang dalam dua laga sisa yakni melawan Filipina dan Myanmar.Sebab tim Merah Putih saat ini baru hanya mengemas lima poin dan berada di peringkat keempat Grup A.

Tim asuhan Shin Tae-yong ini berada tepat di bawah Myanmar yang menempati posisi ketiga dengan mengemas enam poin dari tiga laga.Sementara untuk posisi puncak klasemen Grup A ada Vietnam dengan mengemas tujuh poin sama dengan Thailand yang berada di peringkat kedua.


Apabila timnas U-19 Indonesia ingin bisa melaju ke babak selanjutnya, ia harus bersaing dengan tiga tim itu karena hanya dua tim terbaik yang berhak melaju ke babak semifinal.

Dengan itu, melihat persaingan di Grup A, ada empat tim yang masih memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal.Akan tetapi, kabar buruk justru menimpa tim Merah Putih jelang dua laga sisa Piala AFF U-19 2022 tersebut.

Tim asuhan Shin Tae-yong ini diprediksi akan kehilangan pemain andalannya yakni Marselino Ferdinan.Ini terjadi karena Marselino Ferdinan mengalami cedera saat menit-menit akhir babak pertama dalam laga melawan Thailand.

Bahkan akibat cederanya tersebut, pemain Persebaya Surabaya itu harus ditandu keluar lapangan dan ia langsung digantikan Muhammad Ferarri.Tentu saja hilangnya Marselino ini akan sangat berdampak bagi tim.

Sebab Marselino adalah pemain paling aktif dan menjadi motor serangan timnas U-19 Indonesia selama tampil di turnamen ini.Tentu saja absennya gelandang kreatif ini harus membuat Shin Tae-yong memutar otak untuk menemukan pengganti Marselino.

Apalagi dua laga sisa timnas U-19 Indonesia sangat penting dan skuad Garuda Nusantara harus bisa meraih kemenangan dalam laga tersebut.“Perasaan saya tidak enak melihat cedera Marselino. Sepertinya dia tidak bisa lagi bermain di turnamen ini,” ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memang dihadapkan dengan tugas berat karena harus mencari pengganti ideal Marselino Ferdinan yang bakal absen lawan Filipina.“Saya akan memikirkan soal pengganti Marselino besok (hari ini),” ucapnya.

Selain memikirkan mencari pengganti Marselino Ferdinan, Shin Tae-yong juga harus memikirkan stretagi. Hal ini karena pelatih asal Korea Selatan itu juga harus mengembalikan kondisi para pemainnya terlebih dahulu.

Apalagi sejak pertama bertanding dalam turnamen ini, timnas U-19 Indonesia selalu bermain malam.Sehingga butuh waktu untuk bisa mengembalikan kondisi tubuh para pemainnya.

Target skuad Garuda Nusantara yakni lolos babak penyisihan grup, oleh karena itu meski nantinya timnas U-19 tampil tanpa Marselino dipastikan tetap akan menampilkan yang terbaik.“Untuk lawan Filipina mungkin kalian bisa saksikan langsung nanti. Kami akan fokus pemulihan terlebih dahulu dan kami akan pikirkan besok lawan Filipina. Untuk saya, wajib lolos dari fase grup ya,” tuturnya.

Dengan harapan itu, maka timnas U-19 Indonesia harus meraih kemenangan.Sebab mereka baru hanya meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang.Indonesia pertama kali meraih hasil imbang 0-0 dari Vietnam, kemudian menang besar 7-0 dari Brunei Darussalam, dan terakhir imbang 0-0 dari Thailand.

Tentunya mereka harus meraih kemenangan telah dalam dua laga terakhir karena timnas U-19 masih harus bersaing dengan tim lain.Sementara untuk Filipina sendiri memang sudah dipastikan tak akan bisa lolos ke babak selanjutnya.

Filipina saat ini menempati posisi peringkat kelima Grup A setelah menelan kekalahan tiga kali dalam tiga pertandingan.Filipina telah menelan kekalahan dari Thailand 0-1, kemudian dari Vietnam 1-4, dan 1-3 dari Myanmar.

Hasil itu membuat Filipina dipastikan tak akan mampu mengejar empat tim lainnya yang berada di posisi atasnya.Filipina memang tak menyinggung terkait persiapan mereka melawan timnas U-19 Indonesia.Akan tetapi, Filipina pastinya bakal mempersiapkan tim terbaik untuk menghadapi tim tuan rumah.(mif/net)